PEKANBARU, GORIAU.COM - Sejumlah BPC Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) kabupaten/kota se -Riau, mempertanyakan bantuan dana yang diperuntukan untuk BPC Hipmi melalui dana APBD Murni 2012. Ketidak jelasan dana bantuan ini membuat gerah sejumlah aktivis dari kalangan pengusaha muda ini.


Bantuan itu, seharusnya digelontorkan untuk setiap BPC dengan nilai Rp50 juta per kabupaten pada tahun 2012 untuk enam kabupaten kota, atau total anggaran Rp300 juta.


Nur Adelin, salah satu Perwakilan BPC Hipmi Kabupaten Kampar. Kamis (27/12/2012) mengatakan, Rinor Kuswan, Ketua DPD Hipmi Riau seolah-olah membodoh-bodohi pengurus BPC Hipmi yang ada di Riau.


''Alasannya bahwa dana sengaja tidak diambil dari Pemprov Riau dikarenakan Faisal ditahan KPK. Ini sangat tidak logis,'' katanya.

Ads

Menurutnya, Rinor seolah lari dari tanggung jawabnya selaku ketua Hipmi Riau, padahal syarat dan administrasi untuk pencairan dana untuk masing-masing BPC sudah diserahkan ke Rinor melalui Setiawan, Sekretaris Eksekutif kantor BPD Hipmi Riau.


''JJangankan bantuan APBD-P 2012 dana APBD murni aja nggak jelas ujung pangkalnya, apa hubungannya dengan Faisal Aswan ditahan KPK, kok malah dana kami jadi nggak diberikan, kemaren Setiawan, disuruh Rinor bilang begitu." Jelas Nur Adlin.


Ditanyakan apa yang akan dilakukan BPC Kabupaten/Kota dalam menyikapi hal ini, Nur Adlin mengatakan akan ada kejutan untuk terhadap Rinor.


''Kami sekarang masih menunggu, namun jika tidak ada kejelasan, kami akan layangkan mosi tidak percaya kepada Rinor dan segera menuntut Rinor mundur dari jabatannya sebagai Ketua Hipmi Riau,'' tegas Nur Adlin.


Sementara itu, Setiawan, Sekretaris Eksekutif Hipmi Riau saat dikonfirmasi via seluler membenarkan bahwa dana bantuan Hibah Tahun 2012 dari Pemprov Riau memang tidak cair.


''Silahkan saja cek ke Pemprov Riau, memang dananya gak cair, kemaren rencananya memang akan ada bantuan untuk 6 BPC Hipmi Kabupaten/Kota se-Riau Namun apa boleh buat dana gak bisa di ambil,'' kata Setiawan.


"Dalam waktu dekat ketua (Rinor-red) akan menjelaskan kepada kawan-kawan terkait informasi tidak cairnya dana bantuan dari Pemprov Riau,'' tambah Setiawan. (***/bun)