TELUKKUANTAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Andi Putra melayur jalur Toduang Kuantan, Senin (3/8/2020) malam di Tanahbekali Pangean.

Kehadiran Andi Putra didampingi Sastra Febriawan yang juga Anggota DPRD Kuansing. Selain itu, juga hadir Anggota DPRD Riau Sukarmis.

Dalam kesempatan itu, masyarakat Pangean mengeluhkan sulitnya mendapatkan kayu sebagai bahan baku jalur.

Seperti yang disampaikan Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra. Kini, untuk mendapatkan kayu sampai ke kampung, menghabiskan dana sekitar Rp100 juta.

"Kalau dulu, kayu diambil dari greenbelt RAPP, dengan dana Rp50 juta, jalur sudah selesai. Kalau sekarang tidak. Untuk kayu saja, masyarakat butuh waktu dua tahun," ujar Mahviyen.

Dikatakan Mahviyen, kayu jalur Toduang Kuantan ditebang pada tahun 2018. Kayu jalur sampai ke kampung pada tahun 2020. Untuk itu, masyarakat sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah.

Sementara itu, Andi Putra mengucapkan selamat kepada masyarakat Tanahbekali yang sudah memiliki jalur baru. Ia mendoakan agar jalur tersebut bisa mengharumkan nama Kecamatan Pangean di berbagai iven.

Terkait sulitnya mendapatkan kayu jalur, Andi Putra mengimbau agar perusahaan-perusahaan di Kuansing menyediakan lahan untuk ditanami kayu jalur.

"Mari kita sama-sama melestarikan budaya pacu jalur ini," ujar Andi mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga tradisi yang sudah berumur ratusan tahun ini.***