PEKANBARU - Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal menegaskan tahapan Pemilu 2024 telah dimulai pada tahun ini untuk itu ia mengingatkan masyarakat jangan berpikir bahwa Pemilu itu hanya dimulai saat pencoblosan saja.

"Pada verifikasi terhadap partai politik, disitulah tahapan Pemilu 2024 dimulai," kata Alnov, Selasa (15/11/2022).

Alnof mengatakan lembaganya yang hanya berisi lima orang komisioner, begitu juga jumlah komisioner Bawaslu kahupaten/kota juga berjumlah lima orang, panitia pengawas kecamatan berjumlah tiga orang, pengawas pemilu lapangan ditingkat desa/kelurahan hanya satu orang dan pengawas pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) juga hanya berjumlah satu orang tidak akan mampu mengawasi pelaksanaan Pemilu secara kesuluruhan,

"Minimnya jumlah kami tidak akan mampu mengawasi jalannya Pemilu secara kesuluruhan, untuk itu kami butuh peran elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh adat, organisasi masyarakat dan insan pers bersama-sama mengawasi Pemilu agar dapat berjalan secara jujur dan adil.

Pengawasan Pemilu lanjut Alnof adalah bentuk upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran sebelum beranjak pada penindakan upaya hukum. "Pengawasan itu pencegahan, jika tak bisa, baru dilakukan penindakan," imbuhnya. (kl2)