SELATPANJANG, GORIAU.COM - Berbagai kesenian bernuansa sagu asal Kabupaten Kepulauan Meranti akan meramaikan Ibukota Jakarta dalam pelaksanaan iven festival sagu nusantara yang dipolopori Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti Maret mendatang. Tak hanya menampilkan produk sagu, Meranti juga akan menampilkan tarian sagu dan penampilan grup band sagu.

Seperti yang disampaikan Kadisparpora Kepulauan Meranti Drs Arif MP, didampingi Sekretarisnya H Ismail Arsyad MSi ketika ditemui di kantornya, Senin (27/1/2014).

"Kita meng handal masalah seni dalam festival sagu nusantara nanti. Kita akan tetap berusaha menampilkan kesenian yang bernuansa sagu," kata Arif.

Ditambahkannya, mendapat kesempatan menampilkan seni di Ibukota itu, Disparpora Kepulauan Meranti berencana akan membawa tim kesenian yang akan menampilkan tarian sagu dan grup band sagu. Dengan penampilan ini nantinya diharapkan dapat membuka mata daerah lainnya di Indonesia, khususnya daerah yang juga memiliki potensi sagu bahwa Kepulauan Meranti sudah mengembangkan sagu.

Bahkan bukan hanya dikembangkan menjadi penganan saja, tapi juga nama sagu sudah digunakan untuk berbagai kegiatan, sampai sudah diciptakan menjadi nama sebuah tarian dan nama grup band.

"Dengan memperkanalkan tarian sagu dan grup band sagu ini memperkuat lagi bahwa Meranti sebagai daerah terbaik di Indonesia dalam mengelola sagu. Kita akan berusaha menampil yang terbaik nantinya, sehingga nantinya kesenian sagu yang ada di Meranti bisa menusantara sama halnya dengan tanaman sagu," terangnya.

Kedepan dari sisi pariwisata Disparpora, tambah H Ismail akan membangun tugu sagu di Kota Sagu Selatpanjang. Sehingga menjadi ikon Ibukota Kepulauan Meranti itu.***