PEKANBARU - Kesehatan warga Kota Dumai berumur 38 tahun di Provinsi Riau yang diduga pasien suspect virus corona atau covid-19 semakin membaik. Saat ini pasien tersebut masih dirawat di ruang isolasi RSUD Dumai sejak Senin (2/3/2020).

Direktur RSUD Dumai, drg Ridho saat dikonfirmasi GoRiau.com, Kamis (5/3/2020) mengatakan, batuk pasien tersebut juga sudah membaik dan berangsur sembuh. Sedangkan suhu tubuhnya sudah kembali normal dibandingkan saat pertama kali mendapatkan perawatan.

"Kita masih menunggu hasil tes darah apakah positif atau negatif virus corona. Kalau hasilnya negatif, pasien tersebut diperbolehkan untuk pulang. Kalau positif, akan dilakukan langkah-langkah selanjutnya," kata Ridho.

Sekretaris Dinas Kesehatan Dumai, dr Syaiful saat dikonfirmasi GoRiau.com mengatakan, bahwa kondisi pasien tersebut masih terkendali dan menunjukkan ke arah kesembuhan. Pihaknya pun masih menunggu hasil laboratorium dari pasien tersebut.

"Tes darahnya diambil hari Senin (2/3/2020). Diperkirakan 4 hari sampai 5 hari hasil tesnya akan sampai ke kita (Diskes Dumai, red). Sebab kewenangan Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang menyampaikan," ungkap dr Syaiful.

Pasien suspect corona ini diketahui bekerja sebagai operator bongkar muat barang di Pelabuhan Dumai. Operator ini telah bekerja selama tiga hari dan mengalami demam tinggi pada tanggal 20 Februari 2020.

Saat berobat di Puskesmas, pasien suspect corona ini menceritakan bagaimana aktifitasnya sebelum mengalami demam tinggi hingga suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celcius.

Pasien ini bekerja di salah satu perusahaan bongkar muat di Dumai sebagai operator bongkar muat kapal dari Rusia dan Filipina. Dimana kedua kapal tersebut sebelum ke Dumai (Riau, Indonesia), sempat singgah ke Singapura dan Malaysia. ***