BENGKALIS, GORIAU.COM - Keberhasilan Kabupaten Bengkalis meraih juara umum Porprov VIII Riau tidak terlepas dari perolehan medali di setiap cabang olahraga yang ambil bagian. Tercatat dari 47 medali emas yang diraih Negeri Junjungan,  15 emas disumbangkan Kempo atau penyumbang terbesar dibandingkan cabang lainnya.

Plt. Ketua KONI Bengkalis Herman ketika dihubungi, Minggu (26/10), mengatakan suksesnya Bengkalis keluar sebagai juara umum pada porprov ini sudah merupakan target dari awal dan juga berkat perjuangan atlet yang bertanding di setiap cabor.

"Alhamdulillah, target kita tercapai sebagai juara umum dengan perolehan medali 47 emas, 34 perak, 50 perunggu dan hanya selisih 2 emas dengan Pekanbaru yang menempati posisi kedua," kata Herman.

Dari jumlah medali emas yang raih tersebut, sepertiga merupakan sumbangan dari Kempo sebanyak 15 emas, disusul  Atletik 9 emas dan cabor lainnya.

"Kempo merupakan cabang yang paling banyak meyumbangkan medali emas dan ini bukan berarti kita mengenyampingkan cabang lain yang juga memberikan kontribusi medali bagi kontingen Bengkalis," puji Herman yang juga ketua umum Kempo.

Menyinggung cabang yang kurang atau tidak memenuhi target yang dibebankan KONI, Herman mengatakan akan melakukan evaluasi agar ke depan bisa lebih ditingkatkan pembinaan maupun persaingan pada event lainnya.

"Yang jelas kita akan mengevaluasi cabor yang tidak memenuhi target, agar bisa diketahui penyebab kegagalan tersebut," ujarnya.(jfk)