RENGAT,GORIAU.COM - Penjabat Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H Kasiarudin lepas kirab dan karnaval kampanye damai dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Inhu yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Inhu, Minggu (8/11/2015).

Bertempat di Lapangan Hijau Kota Rengat, kirab dan karnaval kampanye damai berlangsung aman dan lancar dengan diikuti langsung oleh pasangan nomor urut 1 H Tengku Muktarudi-Hj Aminah dan pasangan nomor urut 2 H Yopi Arianto-Khairizal dan para pendukung masing-masing.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua DPRD Inhu Miswanto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu, Ketua KPU Provinsi Riau Dr H Nurhamin, Ketua KPU Kabupaten Pelalawan, Kuansing dan Inhil, Ketua Panwaslu Inhu Mulya Santoni serta pimpinan dan anggota parpol pengusung kedua paslon.

Dalam pelaksanaannya, kirap yang diawali dari Lapangan Hijau Kota Rengat itu diikuti kedua paslon dan para pendukung, Pj Bupati, Forkopimda, penyelenggara Pemilu mulai dari KPU, Panwaskab, PPK, PPS dan Panwascam mengeliling Kota Rengat dengan berjalan kaki.

Usai pelaksanaan kirab, kedua paslon pemimpin Inhu itu diberi kesempatan masing-masing selama 10 menit untuk menyampaikan visi dan misi. Penyampaian visi misi tersebut diawali paslon nomor urut 1 Drs H Tengku Mukhtarudin-Hj Aminah Susilo, dilanjutkan paslon nomor urut 2 H Yopi Arianto dan Khairizal.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kreatifitas KPU Inhu dalam upaya mensosialisasikan kedua paslon Bupati kepada masyarakat dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang", ujar Ketua KPU Inhu Muhammad Amin dalam sambutannya.

Yang mana sambung Amin, KPU pusat dan KPU Provinsi Riau menargetkan partisipasi pemilih di Kabupaten Inhu minimal sebesar 77 persen pada pemilu kali ini. Oleh sebab itu, KPU Inhu akan terus berupaya melakukan kreasi dan inovasi dalam pelaksanaan sosialisasi pemilu. Sehingga target partisipasi pemilih tersebut dapat tercapai.

Tidak itu saja, untuk meningkatkan partisipasi pemilih tersebut, KPU Inhu juga telah menyelenggarakan pendidikan politik untuk pemilih pemula yang dilaksanakan pada empat zona di wilayah Inhu. Dan KPU juga telah melaksanakan kegiatan kreasi, inovasi dan sosialisasi (KIS) yang dilaksanakan pada tiga zona.

Dan dalam waktu dekat ini, KPU Inhu juga akan menggelar jalan sehat secara masif di empat titik dalam waktu yang bersamaan yang nantinya juga akan diikuti oleh masyarakat pada empat titik tersebut, tukasnya.(jef)