DURI - Masyarakat Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, dihebohkan dengan penampakan seekor harimau Sumatera yang berjalan bersama anaknya di Kelurahan Air Jamban, Minggu (27/12/2015) sore. Harimau Sumatera mempunyai panggilan lain, yaitu Si Belang.

Menurut pengakuan Sodikin yang biasa dipanggil Mbah Surip menceritakan kepada GoRiau.com, Senin (28/12/2015) bahwa dirinya sempat dijilat oleh anak dari harimau Sumatera.

"Kemarin itu saya sedang mendodos sawit. Karena pakai celana pendek, tiba-tiba betis sebelah kiri saya ada yang menjilat. Setelah menengok kebelakang ternyata anak si belang (harimau, red). Setelah melihat itu saya pingsan. Saya sadar sudah berada dirumah," ucapnya.

Anak kedua Mbah Surip, Sucipto sempat melihat si belang berjalan sejajar dengan anaknya. Karena takut perlahan dirinya berlari menyelamatkan diri. "Saya teringat dengan bapak yang masih mendodos sawit. Setelah balik lagi, saya sudah melihat bapak pingsan. Saya dengan abang saya membawa bapak ke rumah," ulasnya. Dirinya tinggal di Desa Petani, Kecamatan Mandau.

Keberadaan Harimau Sumatera menurut Kabid (Kepala Bidang) Wilayah II BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Riau di Kabupaten Siak, Supartono saat dikonfirmasi GoRiau.com, masih ada.

"Anggota yang mengecek di lapangan, melihat jejak si belang. Tapi dalam waktu yang sudah lama. Jangan sampai nanti kita bilang itu harimau Sumatera, tapi sebenarnya bukan, hanya sejenis kucing hutan atau jenis yang sama dengan harimau Sumatera," jelasnya.

Masyarakat pun dihimbau untuk tidak panik. "Jangan panik, tapi tetap waspada. Yang terpenting kita tidak menganggu mereka (si belang, red)," tutupnya menjelaskan singkat.***