SIAK- Upaya pemerintah Kabupaten Siak, Riau untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 membuahkan hasil. Kesadaran masyarakat Siak dalam disiplin protokol kesehatan (prokes) terus meningkat. Saat ini, nihil pasien Covid-19, dan yang dirawat hanya satu tinggal penyembuhan.

Demikian dijelaskan Direktur RSUD Tengku Rafi’an Siak dr Benny Chairuddin, akhir pekan lalu. Semakin ke sini, menurut Benny, masyarakat semakin peduli akan kesehatan dan keselamatannya. Hal itu dapat dilihat dari tingginya antusias warga untuk melakukan vaksinasi.

“Angka warga yang menjalani vaksinasi terus meningkat, hampir 30 persen dari 300 ribu lebih warga wajib vaksin,” terang Benny.

Pihaknya memang benar benar siap menjalani rumah sakit dalam memberikan pelayanan paripurna terutama untuk pasien Covid-19.

“Saat ini kami memiliki 75 tempat tidur, dengan oksigen dan obat obatan yang lengkap. Kami sudah antisipasi jika sewaktu waktu terjadi lonjakan denda tenaga medis yang terlatih,” ungkap Benny.

Bicara tenaga medis terlatih dalam penanganan pasien Covid-19, menurut Benny ada empat tenaga medisnya yang bertarung untuk tingkat Provinsi Riau dan menjadi yang terbaik untuk mewakili Riau di tingkat nasional.

“Sebagai direktur saya bangga dan mengapresiasi kerja keras meraka. Saya mengharapkan menjadi inspirasi bagi nakes lainnya,” kata Benny.

Namun, dibalik itu pihaknya terus berbenah. Dan berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Siak.

Sementara Juru Bicara Satgas Penanggulangan Covid-19 Budhi Yuwono mengatakan pihaknya selalu siaga dan tetap mengkampanyekan pentingnya mematuhi prokes.

“Masyarakat tidak boleh lengah, sebab pandemi Covid-19 belum berakhir. Mari bersama mengantisipasi gelombang berikutnya dengan melakukan vaksinasi,” ajak Budhi.

Budhi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah melaksanakan vaksinasi massal, baik TNI, Polri, pihak perusahaan maupun kelompok masyarakat.

“Kami tahu semua itu sebagai bentuk dukungan untuk mengembalikan Siak ke zona hijau sebagaimana harapan bersama,” ucap Budhi.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan dr Tonny Chandra mengatakan pihaknya menggesa capaian vaksinasi agar terus meningkat. Hal itu diharapkan menjadi atensi bersama dan kesadaran bersama.

“Kami tetap koordinasi dengan Kemenkes agar vaksin dapat turun dan vaksinasi berjalan sebagaimana harapan, mengingat tingginya antusias masyarakat dalam mengikuti vaksinasi,” ucap Tonny.

Sejauh ini, warga terkonfirmasi positif Covid-19 terus menurun. Bahkan beberapa kali pernah nihil. Hal ini tentunya menjadi bukti kesadaran masyarakat mematuhi prokes dan bersedia menjalani vaksin cukup tinggi. (Iwa)