BENGKALIS, GORIAU.COM - Beratnya bertahan hidup dijalani Yusmaneti alias Uting, warga RT 16 RW 8 Dusun Teluk Gelam Desa Tanjung Datuk, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis ini. Di usianya yang sudah 36 tahun, ibu dari dua orang anak ini harus berjuang melawan tumor ganas di wajah yang sudah dua tahun menyerangnya.

Saking ganasnya tumor itu, istri dari Elhalim itu nyaris tak bisa melihat sebelah. Pasalnya, benjolan sebesar kepalan tangan orang dewasa tepat berada di mata sebelah kirinya hingga ke hidung. Sementara keluarganya tak berdaya dan hanya bisa pasrah melihat nasib Yusmaneti karena terganjal biaya. 

''Sudah lima kali saya menjalani proses pengobatan di Pekanbaru, untuk melakukan proses kemoterapi, tapi akhirnya dokter memutuskan untuk menghentikan kemoterapi tersebut karena kondisi fisik Yusmaneti tidak mengizinkan (sudah terlalu lemah), saat ini kami hanya mencoba untuk berobat secara herbal, karena untuk melakukan operasi keluarga kami tidak punya biaya,'' ujar Elhalim mendampingi istrinya yang sedang terbaring lemah, ketika dikunjungi wartawan, Senin (29/6/2015).

Yusmaneti bersama suami dan dua orang anaknya tinggal di rumah mertuanya saat ini terlihat terbaring lemah. Dan butuh perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui instansi terkait yang berwenang.

''Kami bukan tak mau melakukan pengobatan dengan cara operasi . Ini karena ketidakmampuan kami. Untuk mengobati tumor di wajahnya itu diperlukan biaya tidak sedikit. Sementara kami tak punya biaya sebanyak itu, oleh karenanya kami mengharapkan perhatian dan belas kasih dari Pemerintah,'' ujar Erhalim yang akrab disapa Alim ini. 

Meski tidak mampu dalam hal biaya, bukan berarti keluarganya tidak pernah berusaha mengobati Yusmaneti. Menanggapi kondisi Yusmaneti yang semakin memprihatinkan tersebut, salah seorang Anggota DPRD Bengkalis Dapil Siak Kecil, Fakhrul Nizam meminta Dinas Sosial maupun Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis untuk cepat tanggap terhadap warga yang menderita penyakit tumor, dan berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomis.

''Kita minta Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis untuk turun tangan membantu warga kita Yusmaneti yang berada di desa Tanjung Datuk tersebut, mereka harus dibantu untuk memperoleh perawatan dan pengobatan, kepala Desa Tanjung Datuk juga seharusnya harus ikut andil dalam memfasilitasi pengobatan warganya, dan memberikan data warganya yang butuh bantuan ke dinas terkait,'' ujar Fahrul.

Sementara itu Camat Siak Kecil, Alpi Mukhdor ketiak dimintai tanggapannya terkait adanya warga Desa Tanjung Datuk yang menderita tumot ganas, mengatakan akan berkoordinasi dengan instansi terkait supaya mendapat pertolongan pengobatan.

 ''Terkait adanya warga kita yang menderita penyakit tumor ganas di Desa Tanjung Datuk itu, kita akan berkoordinasi dengan instansi pemerintah kabupaten Bengkalis terkait, agar dapat ditolong dan ditangani se optimal mungkin, dan mendapatkan pengobatan yang layak,'' tutur Alpi Mukhdor. (ail)