JAKARTA - Pemain debutan, Kakang Rudianto mengaku sangat bangga dan antusias menjalani latihan perdana Tim Nasional (Timnas) U 19 Indonesia di Stadion Madya Senayan Jakarta, Senin (16/11/2020). Makanya, dia bertekad menampilkan penampilan terbaik  dan menembus skuat Garuda Muda. 

“Latihan perdana ini cukup berat dan saya harus bisa mengimbangi intensitas latihan ini dengan kerja keras. Untuk adaptasi saya terus berkomunikasi dengan pemain yang lama atau pun yang baru dipanggil,” kata Kakang.

Seperti diketahui, David Maulana dan kawan-kawan mulai berkumpul di Jakarta sejak Jumat (13/11/2020) lalu di Hotel Fairmont. TC di Jakarta ini berlangsung hingga 23 November 2020 mendatang. Pada latihan perdana ini, pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong memantau anak asuhnya secara virtual.

Asisten pelatih timnas U-19, Nova Arianto mengatakan bahwa hari ini para pemain Timnas U-19 latihan dengan intensitas sedang. “Hari ini pemain latihan naik-turun tangga serta sebagian melakukan skipping. Hal ini untuk menjaga endurance mereka, untuk naik-turun tangga sekitar 20 menit dan kita bagi dua dengan yang melakukan skipping,” kata Nova Arianto.

“Kondisi pemain dalam kondisi baik, tetapi pemain baru harus beradaptasi dengan situasi latihan ini. Secara fisik memang belum menyamai fisik pemain yang sudah TC di Kroasia kemarin. Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim,” tambahnya.

TC di Jakarta bagi timnas U-19 sebagai persiapan menghadapi Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar bulan Maret 2021 mendatang di Uzbekistan. Selain itu, Garuda Muda akan berlaga di ajang bergengsi yakni Piala Dunia U-20 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

“Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Karena semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik,” tukas Nova . ***