HA NOI - Salah satu cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yakni dayung tercatat sebagai penyumbang medali emas pertama bagi Kontingen Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam. Makanya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Ferry J Kono memberikan apresiasi.

Bendera Merah Putih berkibar dan Lagu Indonesia Raya berkumandang pertama kali terjadi di Hai Phong Canoeing and Rowing Training Center, Vietnam, Rabu (11/5/2022). Ini setelah Kakan Rusman dan Ardi Isadi meraih medali emas di nomor Rowing-Men’s Lightweight Double Sculls dengan catatan waktu 07:01,385.

"Saya sebagai CdM sangat bangga dengan perjuangan Kakan/Ardi yang menjadi penyumbang medali emas pertama sehingga Merah Putih berkibar dan Lagu Indonesia Raya berkumandang sebelum acara pembukaan SEA Games 2021 Vietnam yang dijadwalkan besok, Kamis, 12 Mei 2022," kata Ferry J Kono.

"Saya berharap medali emas yang diberikan di cabang olahraga dayung ini bisa menjadi pijakan awal untuk Kontingen Indonesia untuk meraih prestasi pada hari-hari selanjutnya," tambahnya.

Pestasi yang ditunjukkan Kakan/Ardi ini juga mendapat apresiasi dari Deputi IV Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). "Kemenpora sangat mengapresiasi pencapaian para atlet dayung yang sudah mempersembahkan medali emas bagi kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2021 Hanoi ini. Khususnya terhadap hasil yang dicapai Kakan Rusman dan Ardi Isadi. Semoga kesuksesan mereka akan menjadi penyemangat bagi atlet kita lainnya, terpacu untuk mendapatkan hasil yang sama," kata Chandra Bhakti.

Di sisi lain, Chandra Bhakti pun menyebut jika cabor dayung sudah diprediksi mampu berada di podium tertinggi, sebagaimana proses yang sebelumnya dilakukan oleh tim review, sehingga hal ini menjadi motivasi bagi para atlet lainnya untuk mencapai target yang dicanangkan sebelumnya.

"Tentu ini menjadi tambahan motivasi bagi para atlet untuk dapat berprestasi di ajang ini dan tentu kita pun memohon doa dan restu masyarakat Indonesia untuk terus mensuport para atlet yang tengah berjuang bagi Merah Putih," tutur Chandra Bhakti

"Insya Allah pada cabor-cabor lainnya sesuai dengan analisis Tim Review sebagai proses seleksinya, semua cabang olahraga bisa memenuhi target-target yang sudah disepakati sebelumnya," pungkasnya.

Selain emas pertama yang dipersembahkan Kakan Rusman dan Ardi Isadi, cabor dayung juga sukses menyabet emas keduanya melalui duet Sulpianto dan Memo di nomor Rowing-Men’s Double Sculls, usai mereka mencatatkan waktu 07:22.011 dengan mengalahkan wakil Thailand dan tuan rumah.

Kemudian menambah dua perak melalui performa Putri Agni Anugerah/Maslin Efrilia/Annisa Meilani Yahya/Dewi Purwanti saat tampil dinomor Rowing-Women’s Quadruple Sculls dan Syiva Lisdiana/Aisah Nabila/Julianti/Chelsea Corputty di nomor Rowing-Women’s Four.

Selain emas dari cabor Dayung, cabor pencak silat juga sudah bertanding dan dari hasil pertandingan kita mendapatkan 1 medali emas dan 2 medali perak.***