TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Kondisi kabut asap, Senin (5/10/2015) di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil), Riau kian pekat. Sebanyak 4.600 buah masker yang dibagikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Inhil pun ludes sekejap.

Seperti hasil pantauan GoRiau.com di lapangan, meskipun kabut asap sangat pekat, namun masih banyak pengguna jalan yang tidak menggunakan masker saat melakukan aktifitas.

Sehingga, keluarga Disperindag Inhil yang tengah membagikan masker pun tidak memerlukan waktu lama, akibatnya banyaknya pengguna jalan yang tidak menggunakan masker itu.

''Kita lihat kabut makin pekat saja, makanya kita ambil inisiatif untuk membagikan masker,'' ujar Kepala Disperindag Inhil, Pahrolrozy saat ditemui tengah membagikan masker kepada pengguna jalan.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/05102015/1jpg-3116.jpgPembagian masker yang dipusatkan di 4 titik jalan, yaitu Jalan Swarna Bumi, Jalan Diponogoro, Jalan Kembang dan Jalan Datuk Bandar itu, dikatakan Pahrolrozy adalah bentuk kepedulian Disperindag terhadap bencana asap yang tengah menimpa sebagian besar Provinsi Riau ini.

Sebanyak 4.600 masker itu sendiri, dikatakannya didapat dari iuran dari seluruh pegawai di Disperindag Inhil, termasuk 600 masker merupakan bantuan dari Dinas Kesehatan Inhil.

''Jadi, ini masker yang kita bagi-bagikan bukan menggunakan anggaran kantor, tapi murni hasil iuran,'' sebutnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/05102015/2jpg-3115.jpgApa yang dilakukan pihaknya ini, dikatakan Pahrolrozy ia berharap dapat ditiru oleh pihak-pihak lainnya, apalagi dikatakannya, masih banyak masyarakat yang beraktifitas di luar ruangan tidak menggunakan masker.

''Jika masih pekat, kita akan kembali lakukan pembagian masker, tapi tentu kita berharap, kabut asap ini cepat menghilang,'' tukas Pahrolrozy.(adv)