JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan, pemerintah mencabut larangan ekspor crude palm oil (CPO/minyak kelapa sawit mentah) beserta produk turunannya, mulai Senin (23/5/2022) pekan depan.

''Saya memutuskan bahwa ekspor minyak goreng (maksudnya CPO, red) akan dibuka kembali pada Senin, 23 Mei 2022,'' kata Jokowi, saat konferensi pers secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Kamis (19/5/2022), seperti dikutip Goriau.com dari Suara.com.

Diingatkan Jokowi, meski kran ekspor telah dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan kelapa sawit tetap terpenuhi dengan harga terjangkau.

Jokowi menerangkan, semenjak pemerintah melarang ekspor CPO, stok kelapa sawit di dalam negeri terus bertambah. Di mana untuk kebutuhan rata-rata nasional selama satu bulan sebesar 194 ribu ton.

''Pada bulan Maret sebelum dilakukan pelarangan ekspor pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton namun setelah dilakukan pelarangan ekspor di bulan April pasukan kita mencapai 211 ribu ton per bulannya melebihi kebutuhan nasional bulanan kita,'' katanya.

Pada kesempatan tersebut juga Jokowi ingin mengucapkan terima kasih pada para petani sawit atas pengertian dan dukungan terhadap kebijakan pemerintah yang diambil untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas.

Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pembenahan prosedur dan regulasi di badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit agar terus disederhanakan dan dipermudah agar lebih adaptif dan solutif menghadapi dinamika pasokan dan harga minyak dalam negeri sehingga masyarakat dapat dilindungi dan dipenuhi kebutuhannya.***