JAKARTA - Mesut Oezil punya pesan buat sepakbola Indonesia kalau mau berkembang. Ia menyarankan harus ada investasi dana besar dan pembangunan infrastruktur yang memadai.

Saat ini Indonesia belum masuk dalam peta persaingan sepakbola dunia. Jangankan di level Asia, Timnas Indonesia bahkan belum pernah menjadi yang terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Tak banyak yang Mesut Oezil ketahui tentang sepakbola Indonesia. Tapi ia punya saran buat suatu negara yang mau mengembangkan sepakbola ke arah yang lebih baik. "Untuk sepak bola Indonesia, tentu saja sepak bola semakin besar di Indonesia, tetapi infrastrukturnya masih kurang," kata Oezil di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf), Rabu (25/5/2022).

"Indonesia harus berani berinvestasi di infrastruktur dan akademi pemain muda. Jadi jika ingin sepak bolanya sukses, Indonesia harus menghabiskan uang lebih banyak untuk dua hal tersebut, sehingga nanti bisa mendukung sepakbola Indonesia ke depannya," ujarnya berpesan.

Saat ini Oezil sedang berada di Indonesia sebagai brand ambassador dari Concave Indonesia. Ia juga bermitra dengan Kemenparekraf untuk mempromosikan wisata Indonesia.

Karena itu, ia juga sudah punya list daftar destinasi wisata Indonesia yang siap dipromosikannya. Dua di antaranya adalah Masjid Istiqlal dan Pulau Bali. Rencananya, ia akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Istiqlal pekan ini.

"Saya ingin pergi ke Masjid Istiqlal mencoba salat Jumat di sana, baru setelah itu, saya baru akan ke Bali bersama keluarga saya," tutur Oezil.***