SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, akhirnya memiliki media center setelah diresmikan oleh Camat Tebingtinggi Asroruddin, Jumat (11/11/2016). Media center yang dilengkapi dengan 6 unit komputer, scanner, printer, dan fax ini merupakan bantuan dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

Media center ini berlokasi di komplek Kantor Camat Tebingtinggi Jalan Rumbia Selatpanjang.

Kabid Kominfo Dishub Kepulauan Meranti Syaiful Ikram mengatakan, peralatan berupa 6 set komputer lengkap, printer, scanner, dan fax merupakan bantuan dari Kemenkominfo. Ini merupakan bantuan kementerian pada anggaran tahun 2015 lalu.

Baca Juga: Pengelolaan Media Center Diskominfo Riau Terbaik se-Indonesia

Awalnya, kata Syaiful, saat survei lokasi oleh pejabat pusat, rencananya media center didirikan di daerah Taman Cikpuan atau kolam. Lokasinya yaitu Kantor Kemenag Kepulauan Meranti yang lama. Namun, karena Kakan Kemenag Miskam Slamat masih tinggal di sana, akhirnya dicari tempat yang baru.

Baca Juga: Raih Prediket Terbaik, Media Center Riau Kembali Jadi Objek Studi Banding

"Alhamdulillah Camat Tebingtinggi menyediakan tempat di sini. Untuk biaya operasional kita masukkan pada APBD Perubahan 2016. Kami harap semua pihak mengerti dengan kekurangan-kekurangan di media center ini nantinya," kata Syaiful, di Kantor Camat Tebingtinggi, Jumat (11/11/2016).

Baca Juga: Jaringan Internet Tertupus, Aktivitas Media Center Porprov Lumpuh

Di tempat sama, Kepala Media Center Provinsi Riau Mastar Ma'ad menyampaikan, dengan adanya media center ini masyarakat bisa memanfaatkan internet dengan benar. Jadikan kebutuhan informasi di internet sebagai sarana edukasi. "Kita khawatir saat ini Media Sosial tidak terkendalikan lagi," kata Mastar Ma'ad.

Baca Juga: Media Center Riau Selain Publik Juga Demi Wartawan

Ia berharap semua pihak atau stakeholder terkait bisa sama-sama menjaga dan mengawasi. Dengan banyaknya kemudahan yang diberikan internet, tak sedikit pula hal-hal negatif yang didapatkan. "Dengan adanya media center, kami harap Pemda dengan mudah menyebarkan informasi pembangunan dan lainnya. Mari manfaatkan secara maksimal dan optimal media center ini," kata Mastar juga.

Baca Juga: Fasilitas Usang Media Center Petanda Wartawan Mulai Dikucilkan

Sebelum membuka secara resmi, Camat Tebingtinggi Asroruddin berharap media center ini dipergunakan sebaik mungkin. Menurutnya, media center tersebut bukan milik satu orang, atau kelompok, tetapi milik semua orang.

"Mari manfaatkan dengan baik dalam hal menyebarkan informasi, agar masyarakat mendapat berita yang akurat. Berita akurat harus disajikan ke masyarakat, supaya informasi itu dicerna dengan baik dan dimengerti pula ketika diberikan ke masyarakat lainnya," kata Asroruddin.

"Mudah-mudahan keberadaan media center ini bisa membantu Pemda menyebarluaskan informasi ke masyarakat," harap Asroruddin.

Peresmian media center ini ditandai dengan pembukaan kain penutup plank oleh Asroddudin, didampingi Mastar Ma'ad dan Syaiful Ikram. Usai meresmikan, jelas Salat Jumag Asroruddin menyempatkan diri meninjau langsung ruangan dan fasilitas media center. ***#Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini