MADINAH - Setelah melakukan ziarah ke Masjid Quba dan mengunjungi Bukit Uhud sehari sebelumnya kini tibalah bagi Jamaah Calon Haji (JCH) Kepulauan Meranti untuk melakukan cek kesehatan rutin yang dilanjutkan dengan mengunjungi Makam Baqi, Sabtu (13/7/2019).

Seperti disampaikan Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, berdasarkan informasi Ketua Tim Pemdaping Haji Daerah (TPHD) Meranti, Ustadz Mustafa, memasuki hari Ke-4  di Kota Madinah Jamaah Calon Haji Meranti mulai melakukan cek kesehatan rutin untuk memastikan semua jemaah berada dalam kondisi prima untuk melaksanakan rukun wajib dan sunat Haji. Dari hasil pemeriksaan Tim dokter yang bertanggungjawab kepada rombongan Jemaah Meranti, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Inhu yang tergabung dalam Kloter 6 memastikan seluruh jemaah berada dalam kondisi sehat.

"Dari informasi yang kita terima dari tanah suci, seluruh Jamaah Calon Haji Meranti yang tergabung dalam Kloter 6 berada dalam kondisi sehat," jelas Kabag Humas Meranti.

Artinya dengan kondisi prima ini Jamaah Calon Haji Meranti siap melaksanakan rukun dan sunah haji seperti yang telah ditetapkan. Salah satunya mengunjungi Makam Baqi pada Sabtu siang waktu setempat.

Ads
Seperti diketahui, Makam Baqi adalah salahsatu tempat bersejarah bagi umat muslim. Makam Baqi’ Al Gharqad yang terletak di sisi tenggara Masjid Nabawi.

Makam Baqi adalah pekuburan utama penduduk Madinah sejak zaman Rasulullah. Dulunya bernama Baqi al-Gharqad karena di kawasan ini banyak ditumbuhi tanaman Gharqad. Diriwayatkan hampir 10 ribu sahabat dimakamkan di sini, termasuk istri Rasulullah selain Khadijah dan Maimunah, Puteri Rasulullah Fatimah Az-Zahrah, Ibrahim, Hasan bin Ali, serta Abbas bin Abdul Muthallib dan Utsman bin Affan.

Sesampainya di Makam Baqi para Jamaah Caon Haji Meranti yang berjumlah 90 orang Plus 2 Tim Pendamping langsung melakukan doa bersama diatas jembatan yang sengaja dibuat.

Usai ziarah yang dilakukan dengan hikmat lancar selanjutnya Jamaah Calon Haji kembali ketempat peristirahatan untuk nantinya melaksanakan ibadah rutin. (rls)