SIAK - Warga Kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau berencana akan memasang portal jalan poros di kampung itu agar tidak terjadi kerusakan parah akibat dilewati oleh kendaraan berat Over Dimensi Over Loading (ODOL).

Pemasangan portal jalan ini sudah lama menjadi keinginan masyarakat setempat, karena melihat belum ada upaya dari pihak perusahaan untuk memperbaiki jalan yang sudah rusak tersebut karena kerap dilalui kendaraan pengangkut material dan buah sawit yang dibawa menuju ke PT TKWL.

"Pemasangan portal ini dilakukan oleh warga demi mencegah terjadinya kerusakan jalan akibat kerap dilewati oleh kendaraan berat yang membawa muatan berlebih saat menuju ke perusahaan. Harapan warga kami dari perusahaan secepatnya memperbaiki jalan,” ujar Penghulu Nurhadi Budiono, Sabtu (17/04/2021),

Tak hanya penghulu, tokoh masyarakat Kabupaten Siak Sujarwo SM, juga turut angkat bicara terkait akan dilakukannya pemasangan portal oleh masyarakat di wilayah Kecamatan Bungaraya tersebut. Pemasangan portal itu mungkin salah satu solusi untuk mengurangi mobil over tonase melewati jalan kampung yang kategorinya jalan kelas III.

"Tapi tentu perlu kajian juga yang lebih mendalam soal pemasangan portal tersebut, karena wilayah tersebut merupakan wilayah yang sudah berdiri pabrik, tentu ada hal yang akan berpengaruh nantinya, entah itu harga muat, pemenuhan bahan baku, dan lain-lain. Maka memang sebelum mendirikan pabrik kajiannya harus rinci karena dampaknya akan banyak,” papar Sujarwo,

Sujarwo mengatakan, dalam hal mencari solusi atas penanganan dan mengantisipasi kerusakan jalan, maka harus dilakukan kajian yang lebih rinci ke depannya, sehingga antara pihak perusahaan dan masyarakat sekitar tidak ada yang saling dirugikan, semua saling diuntungkan dan bisa berjalan bersama.

“Salah satu solusi agar kondisi jalan di wilayah Kabupaten Siak ini bisa lebih awet adalah dengan meningkatkan kelas jalan, kemudian kwalitas jalan ditingkatkan dari aspal ke rigit, atau dibuat jalur khusus, dan lain-lain. Satu hal lagi, jika kita bicara soal kerusakan jalan, memang faktor penyebabnya banyak sekali, salah satunya akibat dilewati kendaraan ODOL seperti yang terjadi di Kecamatan Bungaraya itu,” tutup Sujarwo.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Siak Junaidi SE, M.Si, saat dikonfirmasi terkait akan dilakukannya pemasangan portal jalan oleh masyarakat Kampung Jayapura tersebut, Junaidi mengaku belum mengeluarkan rekomendasi.

“Iya, soal akan dilakukan pemasangan portal oleh masyarakat Kampung Jayapura itu, rekomendasinya belum saya keluarkan, karena belum ada masuk surat dari pihak kampung setempat untuk permohonan pembuatan portal tersebut,” jawab Junaidi. ***