TELUKKUANTAN – H Halim sukses membesarkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Periode ketua sebelumnya, PDIP hanya punya satu kursi di DPRD Kuansing. Ketika dikomandoi Halim, PDIP pada Pileg 2019 meraih tiga kursi. Kini, berkat tangan dingin Halim, partai berlogo banteng itu sukses meraih suara terbanyak kedua dan mendapat lima kursi.

Salah satu caleg terpilih adalah Halim sendiri. Ia maju di daerah pemilihan (dapil) Kuansing 1, meliputi Kecamatan Kuantan Tengah dan Sentajo Raya. Halim meraih 2.419 suara dan akumulasi suara partai sebanyak 7.730 suara.

Pasca perhitungan suara, Halim disebut-sebut mundur sebagai caleg terpilih. Beberapa koleganya menyebut, Halim menyerahkan kursi DPRD itu kepada caleg yang meraih suara terbanyak kedua.

Ketika dikonfirmasi GoRiau.com, Halim tidak membantah mundur sebagai caleg terpilih. Namun, ia belum yakin untuk mengambil keputusan tersebut.

"Lihat situasinya nanti," jawab Halim pada Sabtu (23/3/2024).

Keputusan Halim ini dikaitkan dengan Pemiliha Kepala Daerah (Pilkada) Kuansing yang akan digelar pada November mendatang. Halim digadang-gadangkan sebagai penantang terkuat Suhardiman Amby.

Halim punya kans untuk menang melawan petahana. Mantan Wakil Bupati Kuansing itu sudah memiliki kekuatan hingga akar rumput. Terbukti, PDIP meraih 29.831 suara, mengalahkan suara Golkar dengan perolehan 27.551 suara.***