PEKANBARU – Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Golkar Riau bekerjasama dengan Fraksi Golkar DPRD Riau menggelar Rumpi Politik (Rumpol) sesi IV dengan mengangkat tema 'Sawit dan Masa Depan Ekonomi Riau' di Ruangan IKKD DPRD Riau, Senin (21/3/2022).

Rumpol ini dihadiri Ketum DPP Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) Gulat Manurung, Sekjend Apkasindo; Rino Afrino, Bendahara DPP Sawit Masa Depanku (Samade) ; Hendri Cen, Anggota DPRD Riau; Ramos Teddy S dan Akademisi Nur Syuhada.

GoRiau
Kepala Bapilu Golkar Riau, Zulfan Heri, mengatakan, pemilihan tema tentang sawit ini dikarenakan sawit menjadi isu paling aktual yang terjadi di Riau, apalagi turunan sawit ini adalah minyak goreng.

Dan terbukti, sepanjang diskusi banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan audiens terkait kelangkaan minyak goreng dan peran dari Apkasindo dan Samade dalam mengantisipasi persoalan ini.

Dalam diskusi ini, lanjutnya, ada berbagai informasi yang dibedah dalam berbagai persepektif, mulai dari soal ekosistem, lingkungan, turunan produk sawit, regulasi, kondusifitas hingga hamparan luas lahan sawit milik petani.

"Berbagai pandangan yang sangat menarik soal sawit ini, mudah-mudahan momentum Rumpol yang mengangkat tema sawit ini bisa memberikan informasi kepada publik soal berbagai pespektif, regulasi hingga upaya yang telah dilakukan," kata Zulfan.

Dia menambahkan, dalam diskusi ini, audiens mendapatkan banyak sekali pengetahuan yang riil soal kondisi sawit d Riau serta konstribusi perkebunan sawit bagi pergerakan ekonomi masyarakat.

Termasuk juga soal isu sawit yang disebut-sebut sebagai biang kerok terbesar dalam fenomena deforestasi. Padahal, berdasarkan data yang ada, deforestasi didominasi oleh tanaman kedelai.

"Paling tidak tema ini memberikan sebuah pendidikan poltik bagi publik untuk bisa mendengar langsung dari narasumber. Tadi juga menarik soal jargon sawit adalah kita. Ini menandakan bahwa tidak hanya petani sawit yang diuntungkan dengan keberadaan sawit ini. Tapi juga berkonstribusi terhadap masyarakat luas," kata Zulfan. ***