JAKARTA - Dalam rangka menduniakan KAI ulos, upaya promosi terus dilakukan oleh ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Romy M Eddy, istri Bupati Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

"Kami memperkenalkan kain ulos hingga ke Eropa, upaya ini kami lakukan agar kain ulos kebanggaan kami bisa dikenal masyarakat dunia," ujar Romy M Eddy usai jadi pembicara Next Generousion bertema Eco Fashion Indonesia di Epiwalk, Kawasan Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan Minggu(3/11/2019). 

Saat mempromosikan ulos di berbagai negara Eropa Romy juga memperkenalkankain ulos ramah lingkungan. Menurut Romy, kain ulos yang ia bawa ke dalam acara tersebut menggunakan pewarna alami.

Ia menggabungkan kunyit dan jeruk purut untuk membuat warna kuning yang tidak terlalu mencolok pada kain ulos yang dibawanya. "Jadi kita pakai kunyit untuk pewarnanya. Tapi kan itu akan kuning sekali warnanya jadi kita gabung dengan jeruk purut, sehingga warnanya jadi seperti ini," kata Romy sembari menambahkan untuk mendapatkan warna gelap, bisa didapat dari dedaunan.

Tema eco fashion yang diangkat dalam acara Next Generousion senada dengan keinginan Romy M Eddy saat didapuk menjadi ketua Dekranasda Kabupaten Dairi. Dan, Eco fashion atau fashion yang ramah lingkungan dirasa sangat cocok dengan anak milenial sekarang yang senang berkreasi di bidang fashion.

"Kami akan terus mendukung upaya generasi milenial dalam bidang usaha yang ramah lingkungan," pungkas Rom M Eddy. ***