TELUKKUANTAN – Suasana Terminal Telukkuantan yang terletak di Jalan Imam Munandar, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sangat sepi. Tidak ada aktivitas kedatangan dan keberangkatan penumpang, layaknya sebuah terminal.

Baik bus antar kota antar provinsi (AKAP) maupun antar kota dalam provinsi (AKDP), tidak lagi masuk ke terminal. Bus-bus tersebut menurunkan penumpang dan barang (penumbar) di terminal bayangan. Kondisi ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun.

Keberadaan terminal bayangan memang mengganggu ketertiban lalu lintas. Hal itu pun juga diakui oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kuansing, Marhumala Pontas. Karena itu, pihaknya sudah memberikan teguran ke PO bus yang beraktivitas di luar terminal.

"Empat bulan yang lalu, surat teguran sudah kami sampaikan ke PO di luar terminal. Selain itu, kami juga halo-halokan pakai mobil patwal di terminal bayangan agar beroperasi di dalam terminal," ujar Pontas, Kamis (2/6/2022) siang di Telukkuantan.

Kendati sudah mendapat peringatan, terminal bayangan tetap beroperasi. Bahkan, hingga kini tak ada satu pun PO yang masuk ke terminal.

"Karena peringatan tak diindahkan, kita akan lakukan razia penumbar dalam waktu dekat ini," tegas Pontas.***