SIAK - Kantor Imigrasi Kelas II Siak dinilai sangat berpeluang besar untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Secara fisik, Kantor Imigrasi Siak sudah membangun zona integritas sesuai kriteria WBK.

Hal itu dikatakan langsung oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu saat mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Siak, Selasa (19/10/2021).

"Kanim Siak ini sudah membangun zona integritas sesuai koridor yang tepat. Apa yang mereka tulis di bener ini, juga harus mereka implementasikan dalam perilaku bekerja sehari-hari. Dan ini mereka sudah luar biasa," kata Razilu dengan optimis.

Mengenai penilaian WBK ini, kata Razilu, dilakukan oleh Kemenpanrb, KPK dan Ombusman dan sudah berjalan prosesnya. Sebelumnya, dari 900an satuan kerja di Kementerian Hukum dan HAM, hanya 477 yang lolos dalam seleksi penilaian.

GoRiau Irjen Kemenkumham RI memberika
Irjen Kemenkumham RI memberikan pengarahan kepada pegawai Kemenkumham di Kantor Imigrasi Siak.
"Saat ini sudah tahapan terakhir, dan nanti Kemenpanrb akan mengumumkan satuan kerja yang layak menerima predikat WBK ini. Dari kita untuk internal sudah melakukan penilaian sejak awal Januari hingga Agustus. Dan setiap tahun akan ada penilaian ini, setelah meraih WBK, lalu akan naik lagi ke yang lebih tinggi WBBM," kata Razilu lagi.

Razilu berharap kedepannya pelayanan kantor Imigrasi Kelas II Siak selalu menjadi yang terbaik dan harus bisa membuat inovasi seperti paspor masuk desa, paspor masuk kecamatan dan lainnya.

"Saya mengenal Kanim Siak, pak Yanto ini sudah lama. Saya sangat yakin kantor Imigrasi Siak ini akan terus meraih prestasi," kata Razilu lagi.

GoRiau Kepala Kantor Imigrasi Siak, Y
Kepala Kantor Imigrasi Siak, Yanto mendampingi Irjen Kemenkumham RI melihat fasilitas layanan pembuatan paspor. (Foto: Istimewa)
Kedatangan Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir Razilu MSi didampingi Inspektur Wilayah II Itjen Kemenkumham, Icon Siregar bersama Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto dan Kepala Divisi Keimigrasian, M Tito Andrianto beserta Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal di Kantor Imigrasi Kelas II Siak disambut dengan silat dan bunyi-bunyian kompang.

Saat tiba di depan pintu masuk Kantor Imigrasi Siak, Razilu dan rombongan kembali menyaksikan yel-yel yang dibawakan oleh pegawai Kemenkumham dengan penuh semangat.

Selanjutnya, Kepala Imigrasi Siak, Yanto mendampingi Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Ir Razilu untuk melihat setiap ruangan pelayanan dan sarana yang digunakan Kantor Imigrasi Siak untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Razilu juga memberikan pengarahan dan penguatan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK).

Razilu jaga mengingatkan setiap ASN untuk menjaga diri dari pelanggaran dan penyalahgunaan wewenang dalam bertugas. Karena segunung prestasi dan penghargaan akan hancur karena setitik kesalahan.

Beliau menambahkan menjadi tugas Itjen untuk mencegah pelanggaran dan penyelewengan ini. Menjadi misi Itjen dalam mengawal dan menjamin dalam memastikan terwujudnya keagungan Kementerian Hukum dan HAM di negara ini. (Iwa)