PEKANBARU - Menyambut Hari Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, perlu adanya persiapan dan antisipasi. Bahkan, perlu dilakukan koordinasi antara Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau dengan Dishub kabupaten/kota se Riau, untuk mengetahui situasi dan perkembangan terbaru.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Ir H M Taufiq OH MT kepada GoRiau.com mengatakan, bahwa dalam rapat ini membahas kewenangan masing-masing instansi terkait mengenai siapa yang mengeluarkan izin laik jalan, pengawasan, izin layar kapal, dan lainnya.

"Dengan adanya rapat ini, kita mengetahui informasi terbaru mengenai lokasi rawan kecelakaan lalulintas, lokasi rawan kemacetan, dan lokasi rawan bencana, seperti banjir dan tanah longsor," kata Taufiq, Senin (9/12/2019), usai Rapat Persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Dinas Perhubungan se kabupaten dan kota di Riau.

Agar informasi yang terjadi dimasing-masing kabupaten dan kota cepat tersampaikan, dikatakan Taufiq, ada grup khusus yang akan melaporkan kejadian terbaru di daerahnya.

"Secara keseluruhan, persiapan menghadapi Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, sudah siap. Kami pun bersama-sama dengan instansi lainnya akan turun ke lapangan melakukan pengecekan, seperti jalan, kondisi angkutan umum dan beberapa lainnya," ungkap Taufiq.

Sambung Taufiq, sebelum Natal dan Tahun Baru, biasanya Pak Gubernur dan Kapolda, serta instansi lainnya melakukan pengecekan juga. Namun, lebih dulu Dishub bersama Kepolisian, melakukan pendataan.

"Cara kerjanya dalam grup yang akan dibuat nantinya, jadi titik rawan kita bisa tahu. Contohnya jika terjadi longsor, P2JN sudah mempersiapkan alat berat untuk mengantisipasi jalan putus akibat longsor," jelas Taufiq.

Dalam Rapat Persiapan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 Dinas Perhubungan se kabupaten dan kota di Kantor Dishub Riau, dihadiri perwakilan Ditlantas Polda Riau, BMKG, KSOP, perwakilan Angkasa Pura II Bandara SSK II, perwakilan Airnav, dan Kepala Dishub kabupaten/kota. ***