JAKARTA - Usai menghadiri acara Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2019 dengan tema 'Bersama Melawan Korupsi Mewujudkan Indonesia Maju' di Jakarta, Senin (9/12/2019). Gubernur Riau, Syamsuar bertemu dengan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di kantornya.

Syamsuar mengatakan kepada GoRiau.com, adapun dua gagasan yang disampaikan dirinya untuk Riau lebih baik, yakni menjadikan Provinsi Riau sebagai lumbung padi nasional dan pencegahan karhutla (kebakaran hutan dan lahan) dengan cara penyediaan alat pertanian.

"Pak Gubernur maju terus, petakan kebutuhan Pak Gubernur, saya siap dukung apa pun yang bapak butuhkan. Segera saya kunjungi Riau" kata Syamsuar menyampaikan yang dikatakan mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut.

Salah satu contoh keberhasilan Syamsuar saat menjabat sebagai Bupati Siak, yakni berhasil menjadikan Kabupaten Siak sebagai lumbung padi untuk Provinsi Riau.

"Alhamdulilah, Pak Menteri memiliki pandangan yang sama. Semua gagasan yang disampaikan tentunya perlu dukungan pusat, khususnya Kementerian Pertanian," ujar Syamsuar.

Kedua mantan camat itupun saling menyampaikan gagasannya dalam mensejahterakan petani. Seperti yang disampaikan Syamsuar, strategi pencegahan karhutla dengan cara penyediaan alat pertanian. Agar masyarakat dapat membuka lahan dengan cara tidak membakar.

"Ini terobosan yang harus diperjuangkan. Sebab, ini untuk kebutuhan rakyat. Agar Riau menjadi lebih baik," jelas Syamsuar. ***