MANILA - Tim nasional Indonesia langsung adaptasi dengan kondisi lapangan Stadion Rizal Memoriam, di Manila, Filipina, Jumat (22/11/2019).  Pelatih Indra Sjafri mengaku tidak mempersoalkan kondisi lapangan dengan rumput sintetis dan menyatakan timnya siap tampil pada fase penyisihan Grup B  SEA Games XXX 2019 di Stadion ini.

"Secara umum, kondisi lapangan cukup baik. Bahkan lebih bagus dibanding di lapangan C Senayan dan Kamboja. Kami memang perlu adaptasi dan alhamdulillah di latihan pertama ini cukup memuaskan," kata Indra Sjafri.

Selain latihan di Stadion Rizal Memoriam, Indra menggenjot pemainnya di hotel tempat tim menginap. Latihan di hotel dilakukan pada pagi hari sebelum pemain dan official sarapan pagi.

Indra mengatakan, dalam beberapa hari ke depan, dia hanya memberi menu latihan ringan untuk menjaga kebugaran. Latihan berat, menurutnya sudah dilakukan di Indonesia. Terakhir, tim Garuda Nusantara ini melakoni uji coba internasional melawan Iran U23 dengan hasil kemenangan 2-1.

Para pemain juga mengaku siap untuk tampil di SEA Games. "Mudah-mudahan kami bisa memberikan kebanggan bagi bangsa Indonesia. Kami akan berjuang untuk hasil yang terbaik," kata Evan Dimas Darmono.

Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri berikan instruksi saat latihan. 

Wakil Ketua Umum PSSI, Cucu Somantri mengapresiasi pada pemain dan official tim yang sangat semangat dan antusias menyambut laga perdana melawan Thailand pada tanggal 26 November nanti. "Saya yakin, jika momentum kebersamaan dan percaya diri tim bisa dijaga, kita bisa melangkah jauh. Tentu saja, kita ingin juara di sini, mengulangi hasil tahun 1991 silam," kata Cucu.

Skuat Timnas Indonesia :  Nadeo Agra Winata,  Muhammad Riyandi, Bagas Adi Nugroho, Dodo Alekvan Djin,  Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika, Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto,  Zulfiandi,  Evan Dimas, Sani Rizki Fauzi, Syahrian Abimanyu, Egy Maulana Vikri,  Saddil Ramdani, Feby Eka Putra, Muhammad Rafli, Irkham Zahrul Mila, Witan Sulaeman, Osvaldo Ardiles Haay, dan Andy Setyo Nugroho. ***