TANGERANG - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan ingin tetap mendampingi Timnas Indonesia saat bertolak menuju Manila, Filipina, Jumat (30/12/2022). Namun, kesibukan membuat Iwan Bule, panggilan akrabnya, hanya bisa melepas keberangkatan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan di Blue Sky Premier Lounge Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten.

"Saya masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Jadi, saya tidak bisa bersama Timnas Indonesia untuk berangkat dengan pesawat charter ke Manila. Kita lihat saja nanti kalau memang ada waktu pasti saya akan datang," kata Iwan Bule usai melepas pasukan Garuda.

Timnas Indonesia bertolak ke Manila untuk menjalani laga pamungkas babak penyisihan Grup A Turnamen Sepakbola Piala AFF 2022 melawan Filipina yang akan digelar di Rizal Memorial Stadium Manila, Filipina, Senin (2/1/2023).

Saat ini, kata Iwan Bule, kondisi fisik anak asuhan pelatih asal Korea Setalan, Shin Tae-yong cukup bagus meski baru menjalani laga berat melawan Thailand yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Kamis (29/12/2022).

"Kondisi fisik seluruh pemain Timnas Indonesia cukup bagus. Hanya Jordi Amat yang tidak bisa tampil karena karena terkena akumulasi kartu kuning," jelasnya.

Di laga ini, Indonesia akan memastikan tiket ke semifinal jika mampu menahan imbang atau menang atas tuan rumah Filipina. Untuk menjadi juara Grup A, Indonesia wajib menang besar dengan selisih gol melampaui Thailand yang melawan Kamboja, pada hari yang sama.

"Saya ingin mereka segera melupakan hasil imbang 1-1 dengan Thailand kemarin. Dan, saya berharap mereka tetap fokus melawan Filipina dan memberikan yang terbaik buat bangsa Indonesia," kata Iwan Bule.

Indonesia berada di peringkat kedua Grup A dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8). Thailand memimpin klasemen klasemen Grup A juga dengan tujuh poin dari tiga laga tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin (tiga laga, selisih gol +4), lalu di bawahnya bertengger Filipina dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20). ***