PEKANBARU - Danau Kayangan atau yang awam dikenal dengan sebutan Danau Buatan, terletak di Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Danau ini merupakan salah satu objek wisata dalam kota, dengan lokasi yang mudah terjangkau.

Warga Pekanbaru, Provinsi Riau tentu sangat akrab dengan Danau Kayangan ini. Dulu namanya adalah Danau Buatan, yang kemudian diganti oleh pemerintah menjadi Danau Kayangan. Jalan menuju ke sana lumayan bagus, di mana bagian kiri dan kanannya adalah pemukiman penduduk.

Danau ini dulunya adalah sebuah bendungan irigasi. Namun seiring waktu, danau buatan ini kemudian dikembangkan menjadi objek wisata yang lumayan memesona untuk dikunjungi, khususnya buat anda yang enggan berjalan jauh dengan kendaraan.

Menurut data yang dihimpun, kawasan wisata ini memiliki luas sekitar 14 hektar, dengan dikelilingi oleh pepohonan yang cukup rimbun. Jadi lokasi tersebut cocok untuk tempat berpiknik bersama keluarga, terutama di akhir pekan. Biaya masuknya juga lumayan terjangkau.

GoRiau.com pun mencoba menjajal Drone (pesawat tanpa awak) untuk melihat langsung pesona keindahan Danau Kayangan tersebut. Dari ketinggian, pemandangannya lumayan bagus, dengan perpaduan danau dan hutan di sekelilingnya.

Namun sayangnya, bila dilihat dari dekat (tanpa drone), aset wisata itu justru tidak terawat. Sarana dan prasarananya banyak yang tidak terjaga. Belum lagi sebagian sudah ditumbuhi semak belukar. Cuma sebagian saja yang tampak terurus. ***