JAKARTA – Bupati Kepulauan Meranti, Riau, H. Muhammad Adil bersama Ketua Kwarcab Pramuka Kepulauan Meranti, Hj. Rinarni menghadiri Jambore Nasional XI tahun 2022 dan memperingati HUT ke-61 Pramuka di Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Ahad (14/8/2022).

Kegiatan Jambore Nasional XI tahun 2022 dilaksanakan pada tanggal 14 dan berakhir sampai tanggal 21 Agustus 2022. Pada kesempatan ini, Adil memberikan motivasi kepada kontingen yang berasal dari Kabupaten Kepualaun Meranti.

"Adik-adik adalah orang pilihan, harus bahagia dan harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Berpikir dan bekerja keraslah untuk belajar, apalagi sekarang pendidikan sudah dijamin oleh pemerintah daerah, tinggal belajar yang baik saja," ujar Adil.

Adil juga mengingatkan agar jangan habiskan waktu untuk bermain, namun berjuanglah untuk masa depan.

"Jaga kesehatan selama di sini, ikuti instruksi dari kakak-kakak yang mendampingi dan jaga nama baik Kabupaten Kepulauan Meranti," pesan Adil.

Untuk diketahui, jambore nasional dibuka langsung oleh Ketua Kwarnas, Budi Waseso. Adapun tema yang diangkat adalah melalui kegiatan jamnas XI tahun 2022 kita wujudkan pramuka yang ceria, berdedikasi dan berprestasi.

Tema ini dipilih sebagai bentuk pengharapan untuk meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan, serta membentuk sikap dan perilaku anggota pramuka guna mempertahankan komitmen dan penghayatan terhadap satya dan darma pramuka.

Jambore ini merupakan acara lima tahun sekali yang diselenggarakan pramuka dan diikuti oleh berbagai perwakilan dari masing-masing kwartir cabang (kwarcab) di tingkat kota atau kabupaten.

Selama satu minggu, aktivitas peserta akan ditujukan untuk mengembangkan lima hal utama, yaitu pembinaan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik. Oleh karena itu, 80 persen bentuk kegiatan direncanakan dilakukan di area perkemahan induk, sedangkan 20 persen kegiatan lainnya dilakukan di luar perkemahan.

Setelah selesai kegiatan upacara jambore nasional dilanjutkan dengan berbagai atraksi dari peserta jambore nasional juga dari akademi militer.***