PEKANBARU - Hingga kini bonus yang dijanjikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau untuk atlet dan pelatih peraih medali pada PON dan Peparnas di Papua 2021 belum juga cair.

Padahal penyerahan bonus kepada peraih medali pada PON dan Peparnas di Papua 2021 secara simbolis kepada altet dan pelatih sudah dilakukan pada 29 November lalu.

"Setiap kami hubungi kasi, Kabid dan Kadis, jawabannya sabar sabar, lagi proses," terang Deriswan, Pelatih Angkat Berat Riau, Selasa (7/12/2021).

Deriswan membeberkan berbeda dari sebelumnya, bonus atlet dan pelatih akan masuk ke rekening atlet dan juga pelatih dalam waktu tiga hari setelah penyerahan secara simbolis.

"Biasanya setelah acara paling lama tiga hari sudah masuk ke rekening masing-masing pelatih dan atlet," terangnya.

Sebelumnya para pelatih dan atlet yang sukses membawa pulang medali dari Papua ke Riau memprotes jumlah bonus yang jauh menurun jika dibandingkan dengan PON Jawa Barat 2016 lalu.

Namun setelah melakukan pertemuan dengan Dispora Riau, Kadispora Riau Boby Rachmat menyetujui jika bonus dinaikan kembali.

"Bonus yang awalnya ditetapkan untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas Rp60 juta dinaikan menjadi Rp100 juta, pelatih yang atletnya meraih medali perak Rp40 juta dinaikan menjadi Rp80 juta dan pelatih yang atletnya meraih medali perunggu Rp20 juta dinaikan menjadi Rp70 juta," terangnya.

Sementara Kepala Bidang Pembudayaan Prestasi Olahraga Dispora Riau, Suhartoni menjelaskan bahwa pencairan bonus atlet dan pelatih saat ini masih dalam proses.

"Ditunggulah dulu, ini kan ada pergeseran. Dari yang diajukan di awal, mereka tidak setuju, kemudian dinaikkan. Untuk dinaikan itu kan perlu proses," jelas Suhartoni.

Dia menerangkan di dalam proses tersebut terjadi pergeseran anggaran, sehingga setelah pergeseran selesai dilakukan bonus atlet dan pelatih baru bisa dicairkan dan dia juga memastikan bonus atlet akan dicairkan pada bulan Desember ini.

"Kalau kapan, tentu Desember ini, karena Desember ini harus cair," tutupnya. ***