TELUKKUANTAN - Sebanyak 25 orang yang mengatasnamakan Forum Peduli Kesehatan Masyarakat Kuantan Singingi, Senin (4/4/2016) siang mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing guna mempertanyakan upaya lembaga tersebut dalam menyelesaikan persoalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Telukkuantan.

"Karena mereka ini masyarakat Kuansing, maka saya undang perwakilan mereka ke ruang hearing," ujar Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, SH usai hearing.

Kepada perwakilan demonstran tersebut, Andi menjelaskan upaya yang dilakukan oleh DPRD Kuansing. Dimulai dari pemanggilan terhadap Dirut RSUD Telukkuantan, Dinas Kesehatan Kuansing serta komite medik. "Kita juga mengundang Pemkab Kuansing yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten II dan III Setdakab."

"Setelah itu, kita secara bersama-sama konsultasi ke BPK dan secara lisan sudah memberi izin untuk bekerjasama dengan apotek luar," urai Andi.

Karena belum mendapat payung hukum yang kuat, Pemkab Kuansing bersama Dirut RSUD berkonsultasi dengan LKPP. Konsultasi tersebut juga berdasarkan saran dari BPK.

"Hasilnya, mereka memperbolehkan kerjasama tersebut dan dibayarkan pada APBD perubahan nanti," beber Andi di depan perwakilan demonstran.

"Secara hukum, kerjasama dengan apotek luar sah dan dibenarkan oleh LKPP. Dengan demikian, dalam beberapa hari ke depan, persoalan RSUD Telukkuantan sudah teratasi," tambah Andi.

Kemudian Andi Putra meminta Ketua Komisi C Andi Nurbai untuk menjelaskan secara detail mengenai usaha yang dilakukan DPRD. Sebab, persoalan kesehatan berada di Komisi C.

"Kita sampaikan usaha yang kita lakukan, bahkan saat hearing dengan komite medik, hanya satu orang yang hadir. 10 orang lainnya dilarang hadir oleh Wakil Bupati Kuansing, Zulkifli," tegas Andi Nurbai.

Mendengar keterangan dari DPRD Kuansing, perwakilan Forum Peduli Kesehatan Masyarakat Kuansing langsung WO (Wall Out) dan meninggalkan ruang hearing.

"Jawaban yang diberikan ngambang dan itu sangat tidak sesuai dengan yang kami harapkan," ujar Irhayandi, salah seorang perwakilan demonstran ketika ditanya alasannya memilih WO.***