JAKARTA - Bakal calon presiden Anies Baswedan berhasil menggerus stempel intoleran ketika dirinya masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Penilaian itu disampaikan analis politik sekaligus CEO & Founder Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago, saat dihubungi Tempo, Senin (5/12/2022).

"Kita bisa lihat Anies perhatiannya untuk semua agama dan tempat ibadah, anggaran untuk tempat ibadah seperti gereja waktu beliau Gubernur, sangat terlihat keberpihakan beliau untuk tempat ibadah," kata Pangi, seperti dikutip dari Tempo.co.id.

Dijelaskan Pangi, selain memberikan perhatian lewat anggaran dan peresmian tempat ibadah, Anies juga kerap menghadiri undangan acara keagamaan. Hal ini membuat Anies menjadi representatif semua agama. 

Pangi menyebut penilaian ini beradasarkan hasil survei Voxpol Center pada 22 Oktober - 7 November 2022. Survei itu menggunakan metode multistage random sampling melalui dua tahap, yakni systematic random sampling dalam memilih TPS dan systematic random sampling dalam memilih responden dari DPT. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2,81 persen. 

Dalam survei tersebut, mayoritas pemilih Anies beragama Hindu dengan persentase 38,2 persen, Kristen Katolik 36,8 persen, Islam 33,3 persen, Kristen Protestan 29 persen, dan Budha 28,6 persen.

"Dalam data kita saja, pendukung Kristen Katolik sudah terbelah. Kalau waktu Jokowi kan semua bulat Kristen-Katolik. Kalau Anies masih kental soal capres intoleransi nggak mungkin Kristen Katolik mendukung beliau," ujar Pangi.

Selain itu, dalam survei alasan masyarakat tidak memilih Anies, hanya 3,2 pesen yang menjadikan faktor Anies dekat dengan kelompok intoleran sebagai alasan tak memilih. Sementara mayoritas tak memilih Anies karena alasan tertarik dengan kandidat lain. 

Anies Bakal Hadiri Perayaan Natal Nasional

Dalam safari politiknya sebagai capres dari Partai NasDem, Anies kembali mengunjungi tempat ibadah di berbagai daerah. Pada 8 - 9 Desember 2022, Anies bahkan dijadwalkan mengikuti Perayaan Natal Nasional di Papua. 

"Ya, (Anies ikut) Natal Nasional dan akan ada pidato kebangsaan dari Anies," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim. 

Selain untuk melakukan sosialisasi soal pencapresannya, Hermawi menyebut kunjungan Anies mengikuti Perayaan Natal Nasional di Papua sekaligus untuk melawan stigma publik soal intoleran dengan perbuatan nyata.

Dalam undangan yang Hermawi kirimkan, acara Perayaan Natal Nasional di Papua diadakan oleh DPW NasDem Papua. Acara itu bakal dihadiri oleh DPP Partai NasDem, Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI dan calon presiden dari Partai NasDem yang dalam hal ini adalah Anies Baswedan. 

Perayaan Natal Nasional itu bakal digelar pada Kamis, 8 Desember 2022 di Auditorium Universitas Cendrawasih pada pukul 18.00-20.00 waktu setempat. 

Lalu pada Jumat, 9 Desember 2022, Anies dijadwalkan mengikuti Gedung DPW Partai NasDem Papua di Sentani, Jayapura. Setelah melakukan safari di Papua, Hermawi menyebut Anies akan melanjutkan safarinya ke Sulawesi Selatan pada 10-11 Desember 2022.***