BENGKALIS–Kasus baru terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terus bertambah. Hari ini tercatat sebanyak 130 orang terpapar sehingga membuat kumulatif positif Covid-19 di daerah ini menjadi 4.353 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra Th menjelaskan penambahan kasus terbanyak hari ini berasal dari Kecamatan Bengkalis, yakni sebanyak 53 orang.

“Selain Bengkalis, ada 8 kecamatan lainnya yang juga terjadi penambahan kasus baru terkonfirmasi,” ujarnya, Kamis (29/7/2021).

Kecamatan tersebut secara rinci Mandau 35 orang, Bathin Solapan 13 orang, Rupat Utara 10 orang, Pinggir 7 orang, Talang Muandau 4 orang, Bantan 4 orang, serta Siak Kecil dan Rupat masing-masing 2 orang.

Untuk 53 orang dari Bengkalis merupakan warga (desa/kelurahan) Wonosari 15 orang, Kelapapati 15 orang, Senggoro 11 orang, Air Putih 4 orang, Rimba Sekampung 3 orang, Bengkalis Kota 2 orang, serta 3 orang lagi dari Simpang Ayam, Pematang Duku, dan Kuala Alam.

Kemudian 35 orang di Mandau berasal dari Air Jamban 11 orang, Pematang Pudu 6 orang, Balik Alam 5 orang, Gajah Sakti 4 orang, Babussalam 3 orang, Duri Barat 2 orang, Batang Serosa 2 orang, serta Talang Mandi dan Duri Timur masing-masing 1 orang.

Selanjutnya 13 orang dari Bathin Solapan, merupakan warga Balai Makam 3 orang, Air Kulim 3 orang, Petani 2 orang, dan 5 orang lainnya dari Tambusai Batang Dui, Simpang Padang, Sebangar, Buluh Manis, dan Pematang Obo.

Untuk 10 orang di Rupat Utara, seluruhnya penduduk Tanjung Medang. Sementera untuk 7 orang di Pinggir berasal dari Muara Basung 3 orang, Titian Antui 3 orang, dan Semunai 1 orang.

Selanjutnya 4 orang di Talang Muandau adalah penduduk Tasik Tebing Serai 2 orang, Tasik Serai Barat 1 orang, dan Tasik Serai 1 orang. Adapun 4 orang di Bantan, berasal dari Teuk Pambang, Berancah, Pasiran dan Selat Baru.

“Untuk 2 orang di Siak Kecil dari Liang Banir dan Lubuk Muda. Sedangkan 2 orang di Rupat dari Sri Tanjung,” ujar Ersan.

Ersan kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.***