SIAK - Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Siak Riau bertambah dengan jumlah hingga Selasa ini sebanyak 12 dengan yang terbanyak muncul kembali dari Klaster Sub Kontraktor PT Indah Kiat Pulp and Paper di Perawang, Kecamatan Tualang.

''Ini dari NPE, Subkontraktor PT IKPP yang lain lagi. Awal mulanya dari TnAA (39) yang melakukan tes usap (swab) mandiri,'' kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Siak Budhi Yuwono, Selasa.

Dari penelusuran kontak itu terdapat yang positif dari rekan kerja dan anggota keluarganya. Terkait riwayat penularannya, dikatakan Budhi, karyawan ini tidak kemana-mana, hanya di Perawang saja.

Pasien positif dari Kecamatan Tualang sebanyak enam kasus dan semuanya dirawat di Rumah Sakit Eka Hospital Pekanbaru. Pertama Tn. A (47), yang merupakan rekan kerja dari Tn. AA (39) yang sudah terlebih dahulu positif.

Kontak lainnya dengan Tn. AA (39) yakni Tn. SU (53), Ny. RUD (34) yang keduanya juga rekan kerja. Dua lagi masih dari klaster yang sama yakni Nn. AMP (18) dan Ny. S (38) yang merupakan anak dan istri dari Tn. A (44) yang terlebih dahulu positif.

"Pasien konfirmasi yang juga warga Kecamatan adalah Tn. B (52). Saat ini akan diisolasi dan dirawat di RS Eka Hospital Pekanbaru. Tn. B (52) merupakan karyawan di NPE juga, tapi belum diketahui kontak erat dari siapa kepada beliau," ungkap Budhi.

Selanjutnya juga ada tiga pasien positif COVID-19 dari Kecamatan Siak. Pertama Tn. JS (42) yang sudah diisolasi dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafian Siak. Dia merupakan kontak erat dari pasien Ny. Z (39) yang merupakan tenaga medis di RSUD Tengku Rafian Siak.

Dua lainnya dari Kecamatan Siak selanjutnya Ny. SS (47) juga rekan kerja dari Ny. Z (39). Terakhir anak-anak TAA (6) yang merupakan merupakan anak dari Ny. TIW (36) dengan keduanya dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak.

Dua pasien positif lainnya ada anak-anak AF (9) dan Ny. SK (43) yang merupakan warga Kecamatan Kerinci Kanan. Keduanya adalah anak dan istri dari Tn. MD (44) yang terlebih dahulu positif. Keduanya dirawat di RSUD Tengku Rafian Siak.

Pasien lainnya yang positif yakni Tn. AFP (52) yang merupakan warga Kecamatan Koto Gasib. Saat ini dia isolasi mandiri dan merupakan kontak erat dari pasien positif sebelumnya Ny. DFS (57).

Dengan ada 12 penambahan kasus positif, ini menambah daftar menjadi 81 yang sudah terkonfirmasi COVID-19. Kabar baik pada hari ini adalah ada empat pasien yang dinyatakan sembuh yakni Tn. FA (25) Ny. R (47) Ny. SR (25) An. Z (11) dari RSUD Tengku Rafian Siak. ***