BENGKALIS - Disela-sela kegiatan Safari Ramadan di Pulau Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar MSi berkesempatan meninjau dua lokasi budidaya udang vaname dan pohon geronggang. Syamsuar melaksanakan Safari Ramadan dengan buka puasa dan salat maghrib, serta isya dan tarawih di Masjid Istiqomah.

Usai salat subuh di Surau Nurul Husnah Jalan Sri Pulau, Kecamatan Bengkalis, Syamsuar menyerahkan bantuan untuk surau ini dari Bank Riau Kepri. Syamsuar dijadwalkan melihat budidaya di lahan gambut, yaitu budidaya pohon geronggang.

"Pohon geronggang meruoakan tanaman hutan yang ditanam di lahan gambut. Tanaman ini sangat bagus dikembangkan, karena tidak merusak lahan gambut seperti tanaman lainnya yang ditanam di lahan gambut saat ini," kata Syamsuar kepada GoRiau.com, Rabu (22/25/2019).

Syamsuar sangat terkesan dengan usaha yang dilakukan masyarakat tempatan ini untuk memulihkan lahan gambut yang ada di Kabupaten Bengkalis.

Ads
"Dulu sebelum saya menjadi gubernur pernah meninjau budidaya pohon geronggang ini. Saya juga pernah menyampaikan kepada masyarakat yang mengembangkan budidaya tanaman geronggang ini, ketika jadi gubernur nanti, saya akan meninjau kembali. Makanya saya menunaikan janji saya sekarang ini," ungkap Syamsuar.

Selain meninjau budidaya pohon geronggang, Syamsuar juga akan meninjau budidaya tambak udang vaname yang ada di Pulau Bengkalis. Dimana sewaktu dirinya menjadi Bupati Siak, sebelum dilantik jadi Gubernur Riau, ada kelompok nelayan di Kecamatan Bengkalis ini mengunjungi dirinya.

"Dimana ada kelompok nelayan yang mengembangkan tambak udang vaname di Pulau Bengkalis. Jadi mereka ini menyampaikan persoalannya, yaitu adanya tambak yang masuk dalam kawasan. Untuk itu, saya akan meninjau langsung dan melihat apa yang menjadi permasalahannya. Saya juga membawa Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup untuk melihat apa yang menjadi permasalahan sebenarnya dan melihat bagaimana jalan keluar menyelesaikan permasalahan ini," jelas Syamsuar. ***