RENGAT, GORIAU.COM - Bertempat di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pembangunan (Bappeda Litbang) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Bupati Inhu Yopi Arianto membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat Kabupaten Inhu tahun anggaran 2015.

''Kegiatan ini adalah tindak lanjut dari musrenbang tingkat kecamatan yang telah selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu yang juga dihadiri langsung oleh Bupati Inhu,Yopi Arianto,'' ujar Kaban Bappeda Litbang Inhu Junaidi Rachmat, Rabu (12/3/2014).

Dikatakannya, pada Musrenbang ini, akan dilakukan sinkronisasi hasil Musrenbang tingkat kecamatan dengan usulan dari setiap SKPD yang ada. Setiap usulan akan dibahas sesuai dengan tuposkinya masing-masing.

Musrenbang akan digelar selama 4 hari, dengan mendatangkan narasumber Kepala Bappeda Provinsi Riau, Ramli Walid, perwakilan Institute Teknologi Bandung (ITB). Sedangkan pejabat Pemkab Inhu beserta Kepala SKPD, Camat dan Forum Kades serta sejumlah Ormas juga akan hadir sebagai peserta.

Ditambahkan Junaidi yang juga mantan Asisen Ekonomi dan Pembangunan itu, melalui Musrenbang ini diharapkan dapat melahirkan pemikiran serta gambaran tentang rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah tahun 2015 yang meliputi pendahuluan, visi dan misi daerah.

Selain itu, hendaknya juga dapat memberikan gambaran kondisi umum terkini daerah, analisa dan perkiraan sumber-sumber pendanaan daerah, prioritas pembangunan serta kaidah pelaksanaannya, tandas Junaidi. (jef)