JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memperingati Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 digelar di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Kamis, 9 September 2021. Direktur Utama Indonesia Basketball League (IBL), Junas Miradiarsyah, memaknai Haornas yang dihadiri Presiden Jokowi secara visual tersebut sebagai momen kebangkitan.

Dalam dua tahun terakhir, Junas menilai basket Indonesia mulai menggeliat lagi. Terbukti pada IBL 2021, antusias semakin tinggi. Mulai munculnya klub baru seperti West Bandits Solo, Bali United juga membuktikan industri basket mulai dilirik.

Animo penonton juga bertambah di IBL Pertamax 2021. Larangan suporter hadir ke venue membuat jumlah penonton streaming bertambah.Bagi IBL, jumlah 71 ribu penonton tersebut menjadi yang paling banyak yang pernah dicatatkan.

Antusiasme penggila basket Indonesia seakan sudah tidak tertahankan. Meski harus mendukung dari rumah, mereka tidak ingin kehilangan gim per gim IBL Pertamax 2021. “Momentum sedang naik dua tahun belakangan, ini bisa menjadi modal penggerak menuju FIBA Asia Cup 2021 dan FIBA World Cup 2023,” ujar Junas.

“Minat masyarakat, terutama anak muda juga semakin tinggi menyaksikan di era digital. Musim lalu, kami berhasil memecahkan rekor penonton streaming sebanyak 71 Ribu penonton,” imbuhnya. Dengan semakin meningkatnya animo terhadap basket, Junas berharap olahraga ini bisa semakin digandrungi. “Sebagai liga, kami ingin membantu lebih banyak masyarakat bermain basket dan semakin populer,” tutur Junas. ***