PANGKALANKERINCI - Ketua Umum MUI Kabupaten Pelalawan, H Iswadi M Yazid Lc MA mengajak para pelajar MA dan MTs Yayasan Pendidikan Islam Alqosimiyah, Kecamatan Pangkalan Kuras memanfaatkan momentum peringatan Maulid untuk meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

Hal ini disampaikan Iswadi, saat memberikan tausiyah peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW di MA/MTs tersebut, kemarin.

Selain Ketua Yaspi Alqosimiyah Hj Hasnawati Kasim hadir bersama para wali murid ikut memperingati Maulid bersama para siswa dan majelis guru di sekolah tersebut.

Kata Ustadz alumni Kairo Mesir, sangat banyak sifat Rasulullah SAW yang dapat diteladani dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah-satu contoh kecil, lanjut Iswadi, seperti saat berjumpa dengan sesama kawan dan bersalaman. Rasulullah selalu bersalaman dengan menatap wajah yang dia salami.

“Ini menunjukkan suatu keakraban serta mencerminkan sikap yang tidak sombong terhadap sesama,” ujarnya.

Ketua MUI juga menambahkan, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW umat Islam hendaknya dapat menjadikan momentum intropeksi diri dengan senantiasa mengikuti sifat-sifat dan sunah Nabi dalam setiap sisi kehidupan, dan hendaknya dapat menjadi rahmat bagi lingkungannya.

“Salah satu sifat Rasulullah yang juga harus diteladani adalah cerdas. Rasulullah sangat cerdas dalam mengambil segala tindakan dan keputusan, tidak ektrim dan dan toleran,” tambah Iswadi.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di MA/ MTs juga dirangkai dengan sejumlah pertunjukan hadrah dari pelajar di sekolah tersebut. Ketua MUI sempat juga berdialog langsung dengan para pelajar sambil memberikan support demi keberhasilan dalam mengikuti pendidikan. ***