PEKANBARU, GORIAU.COM - General Manager Badan Operasional Bersama PT Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu, Susanto Budi Nugroho bersama dengan Pelaksana Tugas Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman dan sejumlah pejabat Badan Usaha Milik Negara lainnya turut memeriahkan gelaran peringatan HUT RI ke 70 di Pekanbaru, Minggu (16/8/2015).

Acara yang bertajuk ''BUMN Untuk Negeri'' tersebut tampak sangat meriah dengan diikuti ribuan pegawai BUMN serta seluruh elemen masyarakat. Acara yang dimulai sekitar pukul 07.00 WIB diawali dengan senam Riau Bangkit.

"Dengan momentum HUT RI ke 70, kita sebagai Badan Usaha yang bergerak di bidang Migas telah bertransformasi menjadi agen pembangunan. Hal tersebut senada dengan yang digaungkan Kementerian BUMN dan kita yakin ini adalah awal yang tepat untuk memulai pembangunan, khususnya di Riau," kata GM BOB PT BSP-Pertamina Hulu, Susanto Budi Nugroho.

Susanto Budi Nugroho menjelaskan bahwa peringatan hari kemerdekaan berarti memaknai arti perjuangan, untuk itu ia mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus berjuang dan membantu terutama BOB dalam merealisasikan visi yang telah ditetapkan yakni kemandirian energi.

"Senada dengan Pertamina, kita telah tetapkan kemandirian energi pada 2025, itu berarti perjuangan masih panjang. Kita akan terus usahakan hal tersebut dan meminta masyarakat mendukungnya," jelasnya.

Sementara itu, Deputi Sarana dan Prasarana Perhubungan BUMN, Bandung Pardede menambahkan bahwasannya BUMN telah berubah menjadi wadah perubahan dalam pembentukan karakter masyarat.

"Kementerian BUMN sekarang sudah berubah, menjadi "Agent of Development", dan ini merupakan langkah awal untuk mengingatkan kembali perjuangan masih panjang," jelasnya.

Ia mengatakan pernah melakukan survey beberapa waktu lalu, dimana menurutnya pernah menemukan dalam sebuah kelurahan di Indonesia hanya 30 persen warganya yang mengibarkan bendera merah putih.

Untuk itu, dari hal tersebut ia mengatakan masyarakat harus kembali mengingat akan perjuangan dan merubah pola pikir untuk terus kerja dan bekerja.

"Sekali lagi perjuangan masih panjang, kerja, kerja dan kerja," tukasnya lantang.

Sebelumnya Pertamina memprakarasi gelaran BUMN Untuk Negeri yang diselenggarakan di Kota Pekanbaru. Dalam gelaran yang dihadiri Pelakasana Tugas Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tersebut, terdapat beragam rangkaian acara yakni jalan sehat 8K yang mengambil rute Jalan Jendral Sudirman dan diikuti oleh ribuan pegawai BUMN di Pekanbaru dan seluruh elemen lapisan masyarakat.

Dalam sambutannya, Andi mengatakan antusiasme luar biasa dengan kehadiran BUMN yang memeriahkan perayaan kemerdekaan di Riau. "Luar biasa, tahun ini berbeda sekali dengan kehadiran BUMN, mudah-mudahan tahun depan hadir kembali," katanya.

Dalam gelaran BUMN Untuk Negeri yang diselenggarakan di Pekanbaru, terdapat 17 BUMN yang hadir termasuk BOB PT BSP-Pertamina Hulu.

Setelah dibuka, prosesi dilanjutkan dengan melepaskan balon berwarna merah putih secara bersama. Kemeriaan tampak karena balon me-merah putih-kan langit Kota Pekanbaru.

Kemudian dilanjutkan dengan jalan santai bersama ribuan warga dari Kompleks Purna MTQ menuju jembatan layang Jalan Sudirman kemudian kembali lagi. Setelah itu ada hiburan musik dengan Artis Dangdut Zaskia Gotik. (rls)