PEKANBARU - DPD Gerindra Provinsi Riau telah menyelesaikan tahap pendaftaran dan penjaringan bakal calon kepala daerah sembilan kabupaten/kota di Riau, yang akan mengikuti kontestasi pilkada 2020 mendatang.

Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Riau, Hardianto mengungkapkan bahwa usai pendaftaran dan penjaringan ini, pihaknya akan melanjutkan ke tahapan pilkada selanjutnya, yaitu tes wawancara.

"Sesuai time schedule kita, setelah selesai penjaringan bakal calon kepala daerah di sembilan kabupaten/kota, kita akan menggelar tes wawancara. Rencananya akan dilakukan akhir bulan ini selama 3-4 hari," sebut Hardianto, Senin (25/11/2019).

Dijelaskannya, meski tidak mutlak, tahapan wawancara ini dilakukan untuk melihat keseriusan calon yang mendaftar di Gerindra kepada partai dan masyarakat. Di mana, pihaknya akan mendukung kandidat calon yang memenuhi dua kriteria tersebut.

"Kita ingin calon yang diusung itu komitmen terhadap rakyat dan partai. Makanya diadakan wawancara ini. Walaupun tidak ada pemangkasan di DPD, hasil wawancara akan dijadikan pertimbangan DPP," tambahnya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau tersebut juga menyebutkan, animo tokoh masyarakat maupun kader internal untuk mendaftar di Gerindra cukup tinggi.

"Paling banyak di Dumai, ada 21 pendaftar kader dan non kader. Tahapan pilkada ini sangat panjang, dinamika politik ke depannya masih bisa berubah," tutup Hardianto.***