BAGANSIAPIAPI - Keluarga Besar Gerakan Pramuka 04.10, Kwartir Cabang Rokan Hilir, Riau diminta menjadi pelopor dalam memerangi virus Corona (Covid 19) dengan mengedepankan Dasa Darma Pramuka, kasih sayang sesama manusia, rela menolong dan tabah serta memberikan contoh aktif partisipasi di tengah-tengah masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 04.10 Rohil Drs H Surya Arfan MSi, Kamis (9/4/2020) kepada seluruh jajaran Kwarcab, Kwaran dan Gedep se-Rohil.

''Kepada seluruh Pramuka kami harapkan jadi pelopor dalam memasyarakatkan pemakaian masker, hand sanitizer, pola hidup sehat dan menyampaikan imbuan pemerintah lainnya. Ini merupakan penjabaran dari nilai-nilai Dasa Darma Pramuka,'' ujarnya.

Surya Arfan juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan anggota Pramuka Rohil selama pandemi Corona dimana Pramuka sudah ikut serta berpartisipasi dalam berbagai kegiatan dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona bersama dengan pemerintah dan instansi terkait.

''Meski begitu, kami berharap seluruh anggota Pramuka menjalankan sesuai dengan standar kesehatan yang sudah ditetapkan. Dan yang lebih penting, jangan memposting atau mengunggah hal-hal yang tidak jelas ke media sosial,'' tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil Bidang Pengabdian Masyarakat dan Tanggap Bencana sekaligus Dan Satgas Pramuka Peduli, Azuar HL yang dihubungi terpisah menyebutkan, baru-baru ini Bakti Sosial Kodim 0321 Rohil juga menggandeng pramuka Penegak DKC Rohil.

''Kita, adik-adik penegak jika dibutuhkan tenaganya, tinggal digerakan saja, Satgas Pramuka Peduli sudah terlatih trampil dalam penyemprotan disinfektan,'' sebut Azuar HL dan menambahkab berbagai kegiatan serupa juga dilakukan Kwaran (Kwartir Ranting) Kecamatan di Rohil.

Menurut Azuar HL sesuai arahan Ketua Kwarcab Getakan Pramuka Rohil Drs H Surya Arfan, pada setiap kegiatan hendaklah memakai atribut Pramuka. ''Saat bekerja tetap memakai kalau tak baju atau kaos Pramuka, peci lapangan Pramuka, semoga peran kita di Pramuka bisa direalisasi dari Dasa Darma Pramuka,'' sebut mantan Pimpinan Kontingen Jamnas 2001 ini. ***