PEKANBARU – Yayasan Abdurrab meresmikan gedung baru SMA Abdurrab Islamic School (AIS), Jalan Bakti Pekanbaru, Sabtu (19/11/2022). Peresmian secara simbolis dilakukan Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd dan Annisa Mutia Ruza AMd Akun.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Abdurrab, dr Ivan Tabrani MKes, Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc PhD.

Pembina Yayasan Abdurrab, Dr dr Susiana Tabrani MPd mengatakan peresmian gedung baru SMA Abdurrab merupakan bentuk komitmen Yayasan Abdurrab untuk terus memenuhi dan melengkapi fasilitas sekolah dan diharapkan bisa dan mampu menunjang aktivitas belajar mengajar.

"Planing pembangunan sudah sejak 2014. Baru dimulai di tahun 2017 dan gedung leter L-nya selesai. Dan Alhamdulillah tahun ini gedung B finishing, dan jadilah leter U yang terdiri dari gedung SMP dan juga gedung SMA," ujar Susiana Tabrani.

Dijelaskannya, gedung baru ini dibangun 3 lantai dengan 8 ruangan, di mana lantai 1 digunakan untuk perpustakaan dan ruang kelas, lalu lantai 2 untuk laboratorium IPA, biologi dan fisika. Sedangkan lantai 3 digunakan untuk latihan traditional art.

Susiana Tabrani menambahkan, bersempena Hari Jadi Abdurrab Islamic School ke-10, OSIS SMP dan SMA AIS menggelar Abdurrab Creative, Sport and intelligence Competition (Action), sejak 14 November-19 November 2022. Action merupakan kegiatan perlombaan yang mengusung tema, mengembangkan potensi di Negeri Melayu.

Action merupakan serangkaian kegiatan leadership Abdurrab Islamic School dalam aspek pengembangan diri murid sebagai event organizer dan sebagai implementasi dari 9 target lulusan Abdurrab Islamic School.

"Salah satu target lulusan kami itu harus layak hidup di abad ke 21. Untuk itu OSIS harus merasakan menjadi event organizer (EO). Itulah tadi acara action ini. Alhamdulilah sambutannya sangat bagus. Kegiatan ini digelar untuk SD dan juga SMP," sebutnya.

Direktur Pendidikan AIS Muhammad Syauli Perdana Putra MPd menambahkan, peserta Action ini berjumlah 700 orang yang berasal dari 32 SD dan 38 SMP di Provinsi Riau. Cabang perlombaan yang dilombakan pada kegiatan diantaranya, tahfizh Al-Qur'an tingkat SD dan SMP 134 Orang, Baca Puisi tingkat SD 41 Orang, cerdas cermat tingkat SD dan SMP 60 Orang, menggambar tingkat SD 40 Orang, poster digit tingkat SMP 20 orang, futsal tingkat SMP 25 tim, basket tingkat SMP 6 tim dan panahan yang akan dilaksanakan 26 November 2022," ujarnya.

"Untuk seluruh kepanitiaannya, murni dari murid, jadi guru-guru hanya sebagai konsultan atau pendamping. Jadi yang terlibat di lapangan semuanya anak-anak murid. Ini adalah ajang untuk membangun leadership mereka," imbuhnya. ***