PANGKALAN KERINCI - Gajah liar kembali memasuki perkebunan warga di Dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung, Kecamatan Pangkalan Lesung, Kabupaten Pelalawan, Riau.

Dua ekor gajah liar tersebut masuk perkebunan dan merusak sawit milik warga pada Senin (5/4/2021) pagi.

Kepala Bidang Wilayah l Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Riau, Andri Hansen Siregar menyampaikan adanya laporan gajah liar masuk ke perkebunan masyarakat di Dusun Tambun, Kelurahan Pangkalan Lesung.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan terkait konflik satwa tersebut dengan petani sawit.

"Gajahnya diperkirakan ada dua ekor. Tadi kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk laporan awalnya," ungkap Hansen.

Pihaknya, kata Hansen, akan menurunkan tim ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk melakukan mitigasi terhadap masuknya gajah liar ke perkebunan warga.

Tim akan berupaya menggiring kembali gajah itu ke areal hutan agar menjauh dari perkebunan warga. "Sebenarnya daerah itu perlintasan gajah untuk mencari makanannya," terangnya.

Hansen menduga gajah liar tersebut merupakan gajah liar yang sama muncul di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Pangkalan Kuras, pekan lalu.

"Besok kita pastikan lagi, apakah itu benarvgajah yang sama atau tidak," pungkas Hansen.***