PEKANBARU – Gajah betina yang ditemukan mati di kawasan konsesi PT Arara Abadi, Koto Pait Beringin, Dusun Pematang Gonting, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau ternyata sedang mengandung bayi gajah jantan.

Dibeberkan oleh Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, gajah betina itu saat ini diperkirakan berusia 25 tahun.

“Saat dilakukan nekropsi diketahui bahwa gajah dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya,” kata Fifin, Kamis (26/5/2022).

Fifin menerangkan, saat ditemukan kondisi gajah dari mulut dan anusnya keluar darah. Untuk memastikan penyebab kematian gajah itu, tim BBKSDA sudah mengambil sampel tubuh gajah untuk dilakukan uji laboratorium.

Sampel bagian organ hajah itu akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukittinggi, Sumatera Barat untuk mengetahui penyebab kematian Gajah Sumatera tersebut.

“Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium. Dengan bantuan alat berat konsesi, tim menguburkan bangkai gajah di lokasi,” ujarnya.

Diketahui, gajah betina dewasa itu ditemukan sudah membengkak tepatnya di areal lahan Akasia PT. Arara Abadi, pada Rabu (25/5/2022) sore. ***