PEKANBARU - Sebanyak dua titik panas atau hotspot yang tersebar di Provinsi Riau, terpantau citra satelit Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Selasa (12/11/2019) sore.

Kabid Data dan Informasi, BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki menjelaskan, bahwa dua titik panas tersebut terdeteksi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).

"Dua titik panas di Rohil ini berada di level confidence di atas 50 persen. Yakni Bangko di level confidence 64 persen dan Bagan Sinembah berada di level confidence 62 persen,," kata Marzuki di Pekanbaru, Selasa sore.

Dua titik hotspot ini otomatis menyumbang jumlah hotspot di Pulau Sumatera yang terdeteksi sebanyak 146 titik, pada Selasa sore.

"Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang terbanyak menyumbang titik panas sebanyak 106 titik," tuturnya.

Di samping itu, BMKG juga memprediksi sebagian wilayah Riau berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Wilayah yang akan diguyur hujan ini diantaranya di sebagian Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Kondisi ini diprakirakan dapat meluas ke sebagian wilayah Pelalawan serta dapat berlangsung hingga pukul 17.00 WIB," tutupnya. ***