PEKANBARU, GORIAU.COM - Kontribusi cabang taekwondo Riau untuk Indonesia mulai terlihat. Setelah Aulia Ramadhan yang dipanggil untuk masuk pelatnas, kini giliran dua taekwondoin, Arimbi Ika Erfiana dan Galuh Kogas Putra yang mengikuti rekannya Aulia. Kedua taekwondoin ini dipersiapkan untuk menghadapi SEA Games 2013 di Myanmar.

Ketua Harian Taekwondo Indonesia (TI) Riau, A Tambi, Minggu (7/10/2012), mengatakan, surat pemanggilan untuk kedua atletnya tersebut sudah diterima Pengprov TI Riau. ''Ini suatu kehormatan bagi TI Riau terutama kepada atlet yang bersangkutan karena walau tidak berhasil menyumbangkan medali emas pada PON lalu, namun PB TI sangat terkesan dengan penampilan keduanya,'' tukas Tambi.

Hanya saja, keberangkatan mereka terpaksa tidak sama. Galuh Kogas Putra lebih dulu diterbangkan TI Riau ke Pelatnas di Jakarta, sementara Arimbi Ika Erfiana dalam waktu dekat menyusul. Siswi SMAN I Pekanbaru ini masih harus menyelesaikan urusan administrasi yang belum selesai.

Namun TI Riau memastikan Arimbi segera diberangkatkan ke Jakarta dalam waktu dekat ini. Tambi menjelaskan, Pelatnas yang diikuti kedua atlet Riau tersebut merupakan Pelatnas jangka panjang. ''Jadi, mereka diprediksi akan melakoni latihan dalam waktu cukup selama di Pelatnas Jakarta,'' sambung Tambi.

PB TI menilai dua atlet Riau ini layak dan punya potensi menjadi atlet masa depan Indonesia. Apalagi keduanya masih tergolong muda, dengan usia di bawah 18 tahun. ''Ini tolak ukur mereka. Sebenarnya ada beberapa atlet kita lagi yang mereka bidik. Namun tidak untuk dalam waktu dekat,'' sambung Tambi.

Dengan ini berarti sudah tiga atlet taekwondo Riau tahun 2012 ini yang berada di Pelatnas. Sebelumnya Pelatnas memanggil Aulia Ramadhan. Aulia merupakan atlet spesialis nomor poomsae putra. (nti/rsc)