PEKANBARU, GORIAU.COM - Personel TNI bersenjata laras panjang disiagakan di Kota Pekanbaru pada hari pembukaan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV/2012, Minggu (7/10/2012). Personel TNI berseragam loreng banyak terlihat bersiaga di sepanjang jalan protokol seperti di Jalan Sudirman, Pekanbaru, mereka disiagakan sejak pagi dan antara kelompok yang satu dengan yang lain hanya berjarak sekitar 50 meter.


Humas Pemprov Riau Chairul Rizky mengatakan TNI dan Polri disiagakan karena kehadiran tamu-tamu negara. Wakil Presiden (Wapres) RI Boediono dijadwalkan akan hadir pada pembukaan Peparnas XIV di Stadion Kaharuddin Nasution pada Minggu petang.


Selain itu, sejumlah menteri yang hadir pada acara pembukaan juga sudah tiba di Pekanbaru, antara lain Menpora Andi Mallarangeng dan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri.


Sebelumnya, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen Paulus Lodewijk mengatakan sebanyak 2.750 personel TNI dan Polri siap mengamankan kedatangan Wakil Presiden Boediono saat pembukaan Peparnas.


Ribuan personel tersebut akan ditempatkan di sejumlah lokasi yang menjadi pelintasan Wapres, mulai dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru hingga lokasi acara di Stadion Kaharuddin Nasution.


''Diharapkan, prajurit yang bertugas dan terlibat pada pengamanan VVIP dapat dengan total untuk segala persiapan,'' katanya.


Peparnas XIV berlangsung 7-13 Oktober, mempertandingan 11 cabang olahraga yakni atletik, renang, futsal, catur, angkat berat, voli duduk, tenis meja, boling, bulutangkis, panahan dan tenis. (nti/rsc)