PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Pelalawan telah melaksanakan bimbingan teknis pemutakhiran data pemilih pada Kamis kemarin (16/5/2013). Kegiatan ini dikhususkan bagi staf di sekretariat KPUD saja, mengingat sebagai coordinator untuk kecamatan, internal KPU harus mumpuni dalam masalah tersebut.

"Yang ikut ini staf di secretariat KPU saja. Kan pada saatnya nanti, baik pada Pilgubri maupun Pemilu Legislatif staf KPU ini bertindak sebagai coordinator seluruh kecamatan yang ada," jelas Ketua KPUD Pelalawan Ir H Abadul Hamid,M.Si saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Hamid mengatakan bahwa diharapkan dengan bimtek ini maka seluruh awak KPUD Pelalawan terutama secretariat dan staf selain anggota KPUD itu sendiri memiliki pengetahuan yang lebih terkait pemutakhiran data pemilih pada saat dilaksanakannya tahapan Pilgubri maupun Pileg mendatang. "Ya lebih dari meningkatkan kapasitas peningkatan SDM di kalangan internal KPU lah," katanya.

Selain Bimtek yang dikhususkan bagi awak KPUD Pelalawan, sambungnya, dalam waktu dekat ini pihaknya juga akan melaksanakan Bimtek terhadap PPK, PPS, Panitia Pendaftaran Pemilih. Agenda ini juga lebih menekankan pada pematangan menjelang agenda besar pesta demokrasi itu dilaksanakan.

"Kalau bimtek untuk PPK dilaksanakan di Pangkalan Kerinci. Sedangkan untuk 118 PPS 118 dilaksanakan di tingkat kecamatan begitu juga bimtek untuk panitia pendaftaran pemilih yang berjumlah 637 TPS," ungkapnya.

Ditanya tahapan untuk Pilgubri, Hamid menjelaskan bahwa tahapan untuk Pilgubri saat ini sedang dalam tahapan merekapitulasi dukungan terhadap cagub perseorangan di tingkat kabupaten. Sedangkan untuk Pileg sendiri masih dalam tahapan perbaikan persyaratan caleg terhadap kekurangan persyaratan parpol hingga 22 Mei mendatang.(ilm)