PANGKALAN KERINCI -Komisi I dan Komisi II DPRD Pelalawan menggelar rapat dengar pendapar (hering) dengan perusahaan, terkait tenaga kerja tempatan dan program Coorporate Social Responsibility (CSR).

Hering digelar di ruang rapat komisi, Selasa (24/8/2021). Tampak hadir angota komisi DPRD Pelalawan, Yulmida MZ, S.Pdi, Sunardi SH dan Faizal SE MSi. Sementara dari EMP Bentu Ltd dihadiri oleh Area Manager Yoyok S Purwanto, Ext & Int Relation Coordinator Zulfan, serta sejumlah staf EMP Bentu Ltd.

Yulmida menilai cukup baik terhadap program-program yang telah dijalankan oleh perusahaan. Begitu juga terkait dengan tenaga kerja tempatan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah menjalankan programnya dengan baik. Kami berharap, program-program CSR tersebut tidak hanya dilakukan di Langgam dan Pangkalan Kerinci, tapi juga daerah lain yang berdekatan dengan pusat operasional perusahaan," terang politisi Golkar.

Hal senada juga disampaikan oleh Sunardi dan Faizal. Pada bidang tenaga kerja tempatan, perusahaan dinilai sudah memenuhi kuota persentase tenaga kerja tempatan diatas 50 persen.

Yoyok dalam pertemuan itu memaparkan bahwa EMP Bentu Ltd merupakan kontraktor pemerintah di bidang minyak dan gas bumi yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan, Kampar dan Siak.

Dari 15 sumur gas yang dioperasikan, sebanyak 13 sumur berada di Kabupaten Pelalawan khususnya di Kecamatan Langgam. Gas yang diproduksi dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri seperti PLN, PT RAPP, Pertamina RU II Dumai serta program jaringan gas (jargas) kota yang ada di Kota Pekanbaru dan Kota Dumai.

"Pemerintah dalam waktu dekat juga akan membangun jargas di Kota Pangkalan Kerinci. Saat ini sedang dilakukan kunjungan lapangan oleh Dirjen Migas dan PT PGN dan pihak-pihak terkait lainnya," ungkapnya.

Zulfan menambahkan, di bidang CSR EMP Bentu Ltd fokus pada program pendidikan, ekonomi, infrastruktur dan lingkungan, kesehatan dan program bantuan bencana alam.

Di bidang kesehatan misalnya, perusahaan aktif memberikan bantuan kepada sejumlah posyandu bekerja sama dengan puskesmas setempat khususnya kepada ibu hamil, balita dan pencegahan stunting (gizi buruk).

Begitu pula di bidang pendidikan, perusahaan turut berpartisipasi memberikan bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu tapi memiliki prestasi yang cukup baik.

"Untuk program infrastruktur, tahun ini EMP Bentu Ltd kembali melanjutkan pembangunan masjid di Dusun Muara Sako dan diharapkan akhir tahun ini sudah bisa difungsikan," papar Zulfan.

Selain masjid, EMP Bentu Ltd juga turut berpartisipasi pada pembangunan taman kota di Pangkalankerinci.***