PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru merancang sebuah sistem aplikasi, yang diklaim dapat mencegah kecurangan saat menimbang truk sampah di TPA Muara Fajar. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Persampahan DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, Kamis (17/6/2021).

Ia menjelaskan, aplikasi ini akan terhubung langsung dengan operator penimbang di TPA 1 Muara Fajar. Diharapkan, aplikasi ini dapat meningkatkan efektifitas dan transparasi kegiatan timbang bagi DLHK Pekanbaru.

"Tapi masih kita gunakan secara privat oleh bidang pengelolaan sampah," ujarnya.

Penggunaan aplikasi sendiri akan mengikuti alur kegiatan timbang sampah dengan operator log in menggunakan barcode masing-masing. Ia berharap dimasa depan, aplikasi ini dapat terintegrasi dengan CCTV.

"Saat menjalankan aplikasi timbang, supir memberikan surat jalan dan kartu barcode, operator scan kartu barcode lalu memilih nama supir sesuai yang SPJ, dan setelah selesai, aplikasi print kartu timbang yang telah otomatis memproses kalkulasi berat bersih sampah sesuai perhitungan secara online," terangnya. ***